Monday 5 November 2012

Sosialisasi Kebijakan Energi

Ilustrasi kegiatan pengapalan crude di perairan Teluk Aru (Foto THNews)


SURABAYA - Dewan Energi Nasional (DEN) bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia melakukan sosialisasi kebijakan energi, dengan judul “Peran Perguruan Tinggi Dalam Mendukung  Ketahanan Energi Nasional Melalui Kebijakan Energi Nasional.” Salah satu yang dibahas dalam sosialisasi tersebut yaitu mengenai ketahanan energi nasional dan penggunaan energi alternatif sebagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di masa mendatang. Jumat (2/11/2012)

Selaku pembicara dalam acara sosialisasi tersebut yaitu Dr. Ir. Tumiran M.Eng dan Ir. Agusman Effendi yang merupakan anggota DEN, Dr. Iskandar Andi Nuhung (moderator) serta Kepala Dinas ESDM Surabaya. Sosialisasi ini dilakukan di Hotel Majapahit, Jalan Tunjungan 65, Surabaya.

Dalam sosialisasi tersebut terdapat beberapa poin yang dibahas diantaranya terkait isu ketahanan energi di masa mendatang, beberapa peluang dan potensi Indonesia dalam pengelolaan energi yang mandiri serta hambatan dan kendala yang mungkin dihadapi dalam proses implementasi kebijakan energi tersebut.

Penggunaan energi secara terus-menerus akan mengakibatkan cadangan energi menjadi habis. Berkaca pada beberapa negara yang mempunyai ketahanan dan pengelolaan energi yang mandiri mendasari DEN membuat kebijakan yakni penggunaan energi alternatif agar sumber daya yang kita miliki tidak akan cepat habis.

Selain itu, DEN juga menyampaikan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) dan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) yang akan dilakukan oleh DEN ke depan. DEN menjelaskan bahwa dalam pengimplementasian rencana kebijakan energi ini diperlukan peran dan dukungan dari pemerintah dan perguruan tinggi. Peran perguruan tinggi dalam hal ini yakni mahasiswa dapat melakukan pengawalan kebijakan yang bersifat pemikiran untuk menjadi pembanding arah implementasi oleh pemerintah agar teruji keberpihakan untuk keamanan nasional dan menjamin keberlanjutan.

Sosialisai kebijakan energi ini bertujuan untuk meningkatkan peran perguruan tinggi dalam mendukung ketahanan energi demi terwujudnya kemandirian pengelolaan energi nasional. (esdm)

No comments:

Post a Comment