Friday 2 November 2012

RI-Inggris Tandatangani Empat MoU


Presiden SBY dan PM Inggris David Cameron melakukan pembicaraan empat mata, sebelum pertemuan bilateral, di Downing Street 10, London, Inggris, Kamis (1/11) siang. (foto: rusman/presidensby.info)

London, Inggris: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron di Jalan Downing 10, London, Inggris, Kamis (1/11) pukul 13.45 waktu setempat. Di akhir pertemuan, ditandatangani tiga nota kesepahaman atau memorandum of understanding (Mou) dan satu kesepakatan bersama.

Gerimis menyambut kedatangan Presiden SBY dan delegasi Indonesia di Jalan Downing 10, Kantor PM Inggris. Tidak lama kemudian hujan langsung mereda, begitulah cuaca di London.

Adapun ketiga MoU yang ditandatangani adalah Mou kerja sama segitiga antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Inggris dan Irlandia Utara, masing-masing mengenai kerja sama teknis, ekonomi kreatif, dan pertahanan. Kerja sama pertahanan ini, antara lain, dalam dukungan terhadap Pusat Keamanan dan Perdamaian.

Sedangkan satu kesepakatan yang ditandatangani adalah mengenai dialog energi, antara Kementerian ESDM dengan Departemen Energi dan Perubahan Iklim Inggris.

Dalam pertemuan bilateral ini, Presiden SBY didampingi Menlu Marty Natalegawa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Mendag Gita Wirjawan, Menteri ESDM Jero Wacik, Mendiknas Mohammad Nuh, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. Sedangkan PM Cameron didampingi, antara lain, Menlu William Hague dan Menteri Pertahanan Philip Hammond.

Seusai pertemuan bilateral ini, Presiden SBY langsung menuju Royal College for Defence Studies (RCDS). Presiden dijadwalkan berpidato dan berdialog dengan lebih dari 120 mahasiswa dan para pengajar di sana.

Sore ini, pukul 17.00 waktu setempat atau 24.00 WIB, Presiden SBY akan memberikan keterangan pers bersama PM David Cameron dan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf mengenai hasil pertemuan co-chairs High Level Panel on Post MDGs. Keterangan pers bersama akan berlangsung di Downing Street. (
http://www.presidensby.info)

No comments:

Post a Comment