Wednesday 21 November 2012

Pemerintah Indonesia Terus Dukung Proses Transformasi Myanmar

Presiden SBY mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Myanmar Thein Sein, Selasa (20/11) siang, di Peace Palace. (foto: cahyo/presidensby.info)

Phnom Penh, Kamboja: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Myanmar Thein Sein, Selasa (20/11) siang, di Peace Palace, Phnom Penh, Kamboja. Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah menjelaskan, pertemuan membahas peningkatan kerja sama Indonesia-Myanmar dan dukungan Indonesia terhadap proses transformasi di Myanmar.

Myanmar mengapresiasi pemerintah Indonesia yang pada saat masa sulit bertranformasi, secara konsisten memberikan dukungan. Kepada Presiden SBY, Myanmar menyampaikan penjelasan mengenai langkah-langkah rekonstruksi yang membutuhkan dana besar. "Mereka mengundang kita untuk membantu, dan Presiden mengindikasikan kesediaannya untuk memberikan bantuan kemanusiaan," Faizasyah menerangkan.

Selain membahas isu Rohingya, isu konflik komunal Rakhine State juga dibahas. "Presiden menyampaikan bahwa masalah ini menjadi cukup menarik perhatian internasional dan dibahas di berbagai forum," kata Faizasyah.

Dalam pertemuan tersebut, PM Myanmar mengundang Presiden SBY untuk berkunjung ke Myanmar pada awal tahun depan. Nampak mendampingi Presiden SBY antara lain, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menlu Marty Natalegawa, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, dan Seskab Dipo Alam. (sumber : www.presidenri.go.id)

No comments:

Post a Comment