Monday 19 November 2012

Indonesia - RRT akan Terus Tingkatkan Kerja Sama Bilateral

Presiden SBY melakukan pertemuan bilateral dengan PM RRT Wen Jiabao di Hotel Intercontinental, Kamboja, Minggu (18/11) sore. (foto: anung/presidensby.info)

Phnom Penh, Kamboja: Usai menyelesaikan rangkaian kegiatan KTT ke-21 ASEAN hari pertama, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wen Jiabao, di Hotel Intercontinental, Kamboja, Minggu (18/11) sore waktu setempat.

Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah menjelaskan bahwa esensi dari pertemuan tersebut adalah mengulas hubungan bilateral kedua negara di bawah kepemimpinan Presiden SBY, Presiden Hu Jintao, dan PM Wen Jiabao.

"SBY menegaskan apresiasinya terhadap masa sepuluh tahun terakhir pemerintahan Presiden Hu Jintao dan PM Wen Jiabao, dimana hubungan bilateral kita terus meningkat, sementara pihak RRT menilai banyak kontribusi Indonesia di bawah kepemimpinan SBY. Kemajuan ekonomi bisa tercipta sehingga kemitraan strategis bisa ditetapkan untuk mencapai target," Faizasyah menjelaskan

Dalam pertemuan bilateral tersebut, PM Wen Jiabao juga memberikan komitmen untuk meneruskan hubungan yang baik, serta bersama Indonesia berkomitmen untuk menyukseskan rangkaian KTT ke-21 ASEAN. "Pertemuan tadi memastikan apa yang sudah terbina dapat ditetapkan, bahkan ditingkatkan," kata Faizasyah.

PM Wen Jiabao juga menyampaikan pujian terhadap kepemimpinan SBY di Indonesia. "Dibawah Pak SBY, Indonesia telah terbukti mencapai satu perekonomian yang sangat baik, sangat membantu RRT dalam membangun kerja sama ekonomi. Presiden SBY sebagai negarawan di kawasan juga dapat menjalankan peran sebagai Ketua ASEAN tahun lalu dengan sangat berhasil," tambahnya. (www.presidenri.go.id)

No comments:

Post a Comment