Monday 19 November 2012

ASEAN-Jepang Harus Memaksimalkan Potensi di Berbagai Bidang bagi Kepentingan Bersama


Presiden SBY menghadiri KTT Ke-15 ASEAN-Jepang di Ruang Champa, Peace Palace, Senin (19/11) pagi. (foto: anung/presidensby.info)

Phnom Penh, Kamboja: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri KTT ke15 ASEAN-Jepang di Ruang Champa, Peace Palace, Senin (19/11) pagi. Beberapa hal yang dipaparkan Presiden SBY adalah mengenai kemitraan ASEAN-Jepang yang telah berkontribusi terhadap kedamaian dan kemakmuran di kawasan.

“Arah kedepannya adalah bagaimana memaksimalkan potensi yang ada diantara kedua negara sebagai kekuatan ekonomi di kawasan dan mencatat juga pertumbuhan ekonomi masing masing. Ditekankan agar ASEAN dan Jepang dapat lebih meningkatkan sektor kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan,” ujar Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah di International Media Centre, usai mendampingi Presiden SBY.

Hal kedua yang ditekankan Presiden SBY adalah kerja sama dalam penanganan bencana kawasan. “Kita adalah kawasan yang labil terhadap bencana alam, dengan demikian perlu adanya upaya bersama antara ASEAN dan Jepang untuk memajukan kerja sama di sektor ini,” kata Faizasyah.

"Konektivitas kerja sama ASEAN-Jepang adalah hal ketiga yang diutamakan Presiden SBY. Bagaimana kerja sama ASEAN-Jepang dapat berkontribusi terhadap konektivitas, apakah itu ASEAN sendiri, dan juga dalam kerangka ASEAN dan Jepang,” tambahnya.

Selain menghadiri KTT ke-15 ASEAN-Jepang, Presiden SBY bersama kepala negara/pemerintahan lainnya juga menghadiri KTT ke-15 ASEAN-Republik Korea, serta ASEAN Plus Three (APT) Commemorative Summit. “Bapak Presiden menyampaikan intervensi di ketiga event tadi,” terang Faizasyah. (sumber www.presidenri.go.id)

No comments:

Post a Comment