Friday 30 November 2012

Keselamatan dan Kesehatan Kerja Merupakan Prioritas Bagi Tenaga Kerja Indonesia di Hong Kong


Teguh Wardoyo,SH
HONGKONG, Telukharunews - Keselamatan dan kesehatan kerja harus selalu menjadi prioritas bagi TKI di Hong Kong dalam setiap pekerjaan yang dilakukan. Ini merupakan tema dalam kegiatan Penyuluhan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Bagi Tenaga Kerja Indonesia di Hong Kong yang digelar oleh KJRI Hong Kong di Ruang Ramayana KJRI Hong Kong dan dibuka oleh Konsul Jenderal RI di Hong Kong, Teguh Wardoyo, SH pada 21 Oktober 2012 yang lalu.

Menurut website Konjen RI di Hongkong, pelaksanaan kegiatan ini merupakan buah dari kerjasama yang baik antara KJRI Hong Kong dan Occupational Safety and Health Council of Hong Kong SAR serta Family Health Department pada Department of Helath of Hong Kong SAR yang dengan antusias memberikan informasi secara lengkap bagi para hadirin.

Kegiatan dihadiri oleh 157 peserta dari unsur Tenaga Kerja Indonesia di Hong Kong  yang diundang khusus melalui berbagai organisasi TKI di Hong Kong, perwakilan dari agen penempatan TKI dan pengumuman kepada khalayak ramai. Tentunya diharapkan bahwa informasi yang didapatkan ini dapat disebarluaskan oleh sebagai TKI yang hadir kepada rekan-rekannya seluruh TKI di Hong Kong yang saat ini berjumlah kurang lebih dari 151 ribu orang.


Berbagai materi disampaikan dalam kegiatan ini oleh narasumber dari 2 institusi Hong Kong tersebut, diantaranya potensi bahaya utama keselamatan bagi pekerja domestik, seperti membersihkan kaca jendela apartemen di ketinggian, penggunaan bahan kimia, peralatan listrik dan alat-alat pertolongan pertama pada kecelakaan. Penyuluhan kesehatan meliputi pencegahan penyakit kewanitaan, seperti kanker payudara, kanker Rahim dan penggunaan alat kontrasepsi.

Diskusi kegiatan berjalan sangat intens, dimana berbagai pertanyaan yang menjadi kekhawatiran TKI di Hong Kong disampaikan secara terbuka dan mendapat respons yang baik dari para narasumber. Para peserta umumnya memberikan apresiasi yang besar bagi pelaksanaan kegiatan ini, terbukti dari tingkat kepuasan peserta yang mencapai 100% dalam indeks yang disusun oleh KJRI Hong Kong.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan KJRI Hong Kong sejak tahun 2008 untuk memberikan pembekalan kepada TKI mengenai dua hal yang sangat penting tersebut. Di masa depan, telah dirancang suatu kerjasama menyeluruh dengan institusi keselamatan kerja di Hong Kong dalam bentuk pelatihan Training of Trainers (TOT) yang lebih intensif selama setengah hari yang bersertifikat dengan mengambil tempat di Training Centre yang dimiliki oleh Occupational Safety and Health Council of Hong Kong SAR. 

No comments:

Post a Comment