Friday 9 November 2012

Bung Karno dan Bung Hatta Simbol Perlawanan Setiap Penjajahan

Presiden SBY menyampaikan sambutan pada Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara, Rabu (7/11) pagi. (foto: rusman/presidensby.info)

Jakarta: Bung Karno dan Bung Hatta merupakan simbol perlawanan terhadap setiap penjajahan. Keduanya juga menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi seluruh bangsa Indonesia di seluruh pelosok negeri untuk bangkit dan bersatu membela, merebut, dan mempertahankan kemerdekaan dengan tetesan darah, pengorbanan harta-benda, jiwa dan raga.

Demikian disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutannya pada Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara, Rabu (7/11) pagi. Perjuangan kedua tokoh dan pendiri bangsa ini, lanjut Presiden SBY, terus terpatri di lubuk hati yang paling dalam seluruh rakyat Indonesia.

"Goresan tinta emas sejarah yang telah ditorehkan oleh kedua tokoh besar ini tak akan lekang oleh zaman, dan akan terus tertanam di sanubari kita semua," kata Kepala Negara.

Bung Karno dan Bung Hatta adalah dua putra bangsa yang gagasan dan pemikirannya telah mewarnai dan menjadi fondasi konstitusi kita, UUD 1945. "Gagasan dan pemikirannya tentang Indonesia yang hendak dibangun dan diwujudkan, terekam pada banyak pemikiran kedua tokoh besar Indonesia ini," lanjut Presiden.

"Sebagai pribadi, kedua tokoh besar itu sungguh merupakan pesona dan kharisma yang tidak mudah dibandingkan. Masing-masing memiliki tempat yang mulia dalam sejarah bangsa, karena ide yang beliau perjuangkan sungguh merepresentasikan cita-cita besar seluruh bangsa Indonesia," SBY menambahkan.

Bangsa Indonesia patut bersyukur bahwa kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan oleh Bung Karno dan Bung Hatta pada 17 Agustus 1945 telah dan akan selamanya menjadi tonggak bersejarah yang hidup dalam sanubari kita. "Walaupun kedua pemimpin itu telah tiada, Bung Karno dan Bung Hatta akan selalu bersama kita. Bersama pahlawan bangsa yang lain, menjadikan Indonesia sebagai sebuah medan perjuangan dan pengalaman yang nyata dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujar Presiden SBY.

"Masih banyak keteladanan, idealisme hingga gagasan pemikiran dari tokoh-tokoh bangsa baik Bung Karno dan Bung Hatta, maupun tokoh-tokoh yang lain di masa lalu, yang dapat kita pelajari dan kita jadikan sebagai sumber inspirasi bagi generasi sekarang dan generasi mendatang. Sudah sepantasnya kita menempatkan Bung Karno dan Bung Hatta sebagai Pahlawan Nasional yang tetap dikenang sepanjang masa," SBY menjelaskan. (www.presidenri.go.id)


No comments:

Post a Comment