Thursday 4 October 2012

Kilang APBN Akan Dibangun di Sumatera Selatan

Ilustrasi Plaju-Sungai Geraong dilihat dari pencitraan satelit GE (Foto THNews/GE)

JAKARTA - Untuk memperkuat ketahanan energi nasional, Pemerintah berencana membangun kilang yang dibiayai APBN. Kilang yang biayanya diperkirakan sekitar Rp 90 triliun tersebut, akan dibangun di Sumatera Selatan. 

Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo disela-sela Raker dengan DPD, Senin (1/10), menjelaskan, kilang akan dibangun di tanah milik PT Pertamina di Sumatera Selatan. Saat ini, terdapat 2 kemungkinan lokasi pembangunan kilang yaitu di Plaju-Sungai Gerong dan Katimpa Bengkok.

Lokasi di Plaju-Sungai Gerong, lanjut Evita, kontur tanahnya sudah padat sehingga memudahkan pembangunan. Sementara lokasi lainnya, masih harus dilakukan pengurukan lahan. Namun luasnya lebih besar dibandingkan di Plaju.

“Kalau saya sih, yang gampang saja. Yang penting jadi,” tambah Evita.

Kilang tersebut ditargetkan rampung dibangun tahun 2019. Namun Evita meminta agar dapat dipercepat menjadi 2018. Menurut rencana, pada tahun 2013 akan mulai dilakukan basic engineering design dan front engineering design. Sedangkan kontruksi akan mulai dilakukan 2016.

Evita mengemukakan, Pemerintah bersikeras membangun sendiri kilang minyak karena sejak tahun 1998, keinginan untuk membangun kilang baru di dalam negeri tidak juga terwujud. Dari 20 perusahaan yang mengajukan ijin membangun kilang, tak satupun yang dibangun.

Tak hanya Pemerintah, PT Pertamina juga berupaya membangun kilang, bekerja sama dengan pihak asing seperti Kuwait dan Saudi Aramco. Namun hingga saat ini, belum ada kesepakatan antara kedua belah pihak. (esdm)

No comments:

Post a Comment