Saturday 13 October 2012

British Petroleum Kembangkan Program Seismik Terbesar di Indonesia


NUSA DUA, BALI - Perusahaan minyak dan gas bumi asal di London, British Petroleum, akan memulai program seismik terbesar di Indonesia, di Arafura, Maluku pada November 2012 untuk menemukan cadangan gas baru.

Hal ini dikemukakan Presiden BP Asia Pasifik, William Lin, saat bertemu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik pada The 12th Gas Information Exchange in the Western Pasific Area (GASEX) 2012 di Bali (9/10/2012).

Menteri ESDM mendukung program tersebut, karena menurut Menteri, bila cadangan baru ditemukan maka ekspor gas ke luar negeri dapat tetap berjalan.

“Penemuan lapangan gas baru dan keberhasilan pengembangan energi baru terbarukan menjadi kunci tetap tidaknya kuota ekspor gas. Bila ada penemuan lapangan baru, ekspor bisa jadi akan bertambah,” ujar Jero Wacik.

Menurut Jero Wacik, kebutuhan gas nasional saat ini semakin besar, sehingga pemenuhan kebutuhan domestik diutamakan. Konsekuensinya, porsi ekspor pun akan dikurangi bila tidak ada penemuan cadangan baru.

“Kami juga mengajak BP untuk meningkatkan investasi di bidang energi baru terbarukan. Bila pengembangan EBT berhasil, maka kita juga dapat menjaga kepentingan negara lain, karena gas saat ini  diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan nasional terlebih dahulu, pungkas Menteri ESDM. (esdm)

No comments:

Post a Comment