Saturday 13 October 2012

INDUSTRI HULU MIGAS DUKUNG PENYEDIAAN LISTRIK DAERAH PERBATASAN

Kepala Divisi Humas, Sekuriti, dan Formalitas Hadi Prasetyo menandatangani nota kesepahaman penyeraan bantuan infrastruktur kelistrikan untuk Pulau Pemping, Batam, Jumat (12/10)

BATAM – Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (BPMIGAS) telah menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Tuah Bersatu untuk menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 3,165 miliar yang akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur kelistrikan di Pulau Pemping, Kotamadya Batam.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh Kepala Divisi Humas, Sekuriti dan Formalitas BPMIGAS Hadi Prasetyo dan Koordinator BKM Tuah Bersatu Amir Umar bin Adang di Kantor Walikota Batam, Sabtu (12/10).

BPMIGAS adalah pengawas dan pengendali kegiatan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dalam bidang usaha hulu minyak dan gas bumi di Indonesia, dimana KKKS dalam melaksanakan kegiatannya memiliki program Program Pendukung Operasi (“PPO”) bagi masyarakat sekitar Wilayah Kerja KKKS. Dalam nota kesepahaman tersebut, BPMIGAS mewakili konsorsium yang terdiri atas BPMIGAS, ConocoPhillips (Grissik) Ltd., PetroChina Int’l. Jabung dan PT Transportasi Gas Indonesia (PT. TGI). Sedangkan BKM Tuah Bersatu adalah Lembaga kemasyarakatan yang ditunjuk oleh Pemerintah Kota Batam untuk melaksanakan PPO di Pulau Pemping, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam.

Hadi Prasetyo mengatakan program bantuan infrastruktur kelistrikan di Pulau Pemping sejalan dengan motto industri hulu migas dalam menjalankan program tanggung jawab sosial. “Slogan kita adalah bright and green. Kita ingin masyarakat tidaknya mendapatkan listrik tetapi bisa juga tercerahkan,” ujar Hadi.

Pulau Pemping adalah wilayah perbatasan yang berbatasan dengan Singapura. Saat ini kondisi masyarakat di Pulau Pemping mendapatkan pasokan listrik dari sumber genset bantuan dari Pemerintah Kota Batam, dengan durasi penyalaan hanya selama 4 jam sehari.

Konsorsium yang dipimpin oleh BPMIGAS akan menyalurkan bantuan berupa dana pembangunan rumah genset, akses jalan, dan instalasi pipa gas. Hadi mengharapkan bantuan tersebut dapat membantu memberikan solusi bagi masalah kelistrikan di Pulau Pemping. (bpmigas).

No comments:

Post a Comment