Friday 26 October 2012

Bahas Bisnis Migas, Investor Kuwait Kunjungi Indonesia

JAKARTA - Sebagai tindak lanjut kunjungan Menko Perekonomian Hatta Radjasa ke Kuwait pekan lalu, Senin (22/10), investor asal Kuwait melakukan kunjungan ke Indonesia untuk membicarakan peluang bisnis migas, termasuk pembangunan kilang minyak. Pertemuan akan dihadiri oleh pihak-pihak terkait seperti BPMIGAS, PT Pertamina dan PT Medco Energi dengan difasilitasi Kementerian ESDM.

“Akan saya kawinkan dengan berbagai pihak. Baik itu dengan Pertamina maupun Medco. Kalau ketemu (sepakat) syukur, silakan ijab kabul. Kalau tidak, ya sudah. Saya sebagai negara hanya memfasilitasi,” kata Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini usai raker dengan Komisi VII DPR, kemarin.

Kunjungan investor Kuwait tersebut merupakan kunjungan balasan. Sebelumnya, PT Pertamina juga pernah melakukan kunjungan ke Kuwait dan disusul dengan kunjungan Menko Perekonomian Hatta Radjasa.

Mengenai keinginan Kuwait untuk berinvestasi kilang di Indonesia, menurut Rudi, kajian mengenai insentif yang diminta masih belum selesai. Rencananya joint study mengenai hal itu baru akan rampung Desember mendatang.

”Insentif belum selesai karena sampai Desember studinya,” kata Rudi.

Menko Perekonomian Hatta Radjasa usai kunjungan ke Kuwait, memastikan bahwa pihak Kuwait akan membangun kilang minyak di Indonesia, dengan nilai investasi US$ 6 miliar. (esdm)

No comments:

Post a Comment