Wednesday 17 October 2012

INVESTASI SEKTOR HULU MIGAS DIPERKIRAKAN CAPAI US$15,08 MILIAR TAHUN INI

Jakarta– Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (BPMIGAS) memperkirakan besaran investasi industri hulu migas di tahun 2012 diperkirakan akan mencapai US$ 15,08 miliar ataulebih tinggi dari investasi di tahun 2011 sebesar US$ 14,02 miliar.

“Sebagian besar investasi digunakan untuk menunjang kegiatan operasi dan pengembangan lapangan serta pembiayaan proyek-proyek besar,” ujar Kepala BPMIGAS R. Priyono dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (17/10).

Dalam rapat tersebut, BPMIGAS memaparkan beberapa proyek besar di hulu migas dalam 5 tahun terakhir (2006-2011). Termasuk di antara proyek-proyek besar tersebut adalah Blok Cepu yang dikembangkan oleh Mobil Cepu Ltd.; North Belut oleh ConocoPhillips; Tangguh oleh BP Indonesia; dan Tunu 13 B serta Peciko 6 A oleh TOTAL E&P INDONESIE.

“Proyek-proyek tersebut memberikan kontribusi pada profil produksi/lifting migas hingga saat ini, yang masih di atas 2 Juta BOEPD, dan juga menaikkan besaran investasi di sektor hulu migas,” ujar Priyono.

Dia menambahkan proyek-proyek besar di sektor hulu migas tersebut di dominasi oleh proyek Gas.

“Ke depan, dalam rangka mempersiapkan langkah-langkah penyesuaian dalam pemanfaatan “energy mix” di masa mendatang, akan dilakukan langkah-langkah untuk lebih banyak lagi pemanfaatan sumber daya alam Gas,” ujar Priyono. (bpmigas)



No comments:

Post a Comment