Friday 28 December 2012

14 GUNUNGAPI DI INDONESIA MASIH BERSTATUS WASPADA

Gunung Bromo (Foto: www.belantaraindonesia.org)

JAKARTA, Telukharunews - Menjelang Libur Akhir tahun 2012, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, Rabu (26/12/2012), mengingatkan kepada masyarakat khususnya wisatawan agar tidak mendekati 14 gunungapi yang saat ini masih dalam status Waspada.

Keempatbelas gunung tersebut yaitu,  G. Soputan, G. Bromo, G. Gamkonora, G. Semeru, G. Papandayan, G. Anak Krakatau, G. Ili Lewotolo, G. Gamalama, G. Ibu, G. Marapi, G. Sinabung, G. Talang, G. Dukono, dan G. Kerinci, dan enam gunungapi yang masih dalam status Siaga, yaitu G. Raung, G. Ijen, G. Rokatenda, G. Sangeangapi, G. Karangetang, dan G. Lokon.

Selain Jero Wacik juga menyampaikan kepada wisatawan mengenai gunungapi dengan status Normal yang perlu diwaspadai karena banyak dikunjungi wisatawan yaitu :
  1. Gunung  Galunggung status Normal, wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang dan mengkonsumsi air danau kawah dikarenakan dapat menimbulkan keluhan atau gangguan kesehatan. 
  2. Gunung Gede dan Gunung Slamet keduanya berstatus Normal dan wisatawan diminta berhati-hati pada saat melakukan pendakian.
  3. Gunung Kelud, walaupun berstatus Normal, wisatawan/masyarakat untuk tidak mendekati tubuh kubah lava karena dapat berpotensi terancam gas-gas beracun yang berbahaya bagi kehidupan dan longsoran batuan bertemperatur tinggi. 

Sumber : www.esdm.go.id.

No comments:

Post a Comment