Friday 28 September 2012

PERTAMINA DOCK YARD PANGKALANSUSU PERBAIKI DERMAGA EKS JAPEX

PANGKALANSUSU  – Dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan reparasi kapal yang sering mengantri naik ke Floating Dock, maka Pertamina Dock Yard Pangkalansusu merasa perlu untuk segera melakukan rehabilitasi dermaga eks Pertamina-Japex demi kelancaran operasional galangan kapal milik Pertamina satu-satunya yang ada di Sumatera Utara dan Aceh.

"Selain itu, perbaikan dermaga tersebut juga adalah untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja saat melakukan perbaikan kapal yang sandar di dermaga," kata Chairul Anwar, Head of Pertamina Dock Yard Pangkalansusu.

Dermaga eks Japex memiliki ukuran panjang 100 meter (lantai papan 3 x 9 sepanjang 85 meter dan lantai betong sepanjang 15 meter), lebar 9,45 meter, konstruksi tiang baja, kapasitas 1500 DWT, kekuatan 10 ton, dan ambang luar 6 meter serta kolam 5 – 10 meter.  Sedangkan kondisi dermaga berkisar antara 30-40%
Menurut Head of Pertamina Dock Yard Pangkalansusu, Chairul Anwar kepada penulis di ruang kerjanya, Selasa (25/9), perbaikan dermaga eks Pertamina-Japex yang berlokasi di Pangkalansusu, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, akan dilakukan dalam dua tahap.
“Tahap pertama dilakukan perbaikan untuk memperkuat seluruh kontruksi tiang pipa baja berdiameter 20” dengan di isi semen cor beton bertulang termasuk penguatan besi baja pendukung lainnya, dan mengganti lantai papan dengan lantai beton setebal 30 cm,” kata Chairul.
Mengingat keterbatasan anggaran yang ada, tambah Chairul, maka pada tahap awal hanya dilakukan pengecoran lantai sepanjang 44 meter x 9 meter. Selebihnya akan dilaksanakan pada tahun 2013 mendatang.
Sementara H.Irawan HR selaku pelaksana rehabilitasi dermaga eks Pertamina-Japex kepada Telukharunews menyebutkan, perbaikan dermaga ini tidak ada kaitannya dengan MoU antara para pihak, yaitu Pertamina, Pelindo-I dan Pemkab. Langkat, Kamis (27/9).

“Dana yang sebesar Rp500 juta lebih untuk merehabilitasi dermaga eks Pertamina-Japex murni berasal dari kas Pertamina Dock Yard,” tegas Agam, panggilan akrab untuk H.Irawan HR.

No comments:

Post a Comment