Friday 7 September 2012

LAPANGAN RUBY MULAI PRODUKSI SEPTEMBER 2013

Blok Sebuku (Foto BI)

Balikpapan (Telukharunews) – Lapangan Ruby, Blok Sebuku ditargetkan mulai mengalirkan gas bumi pada September 2013. Operator blok tersebut, Pearl Oil (Sebuku) Ltd., segera melaksanakan penggelaran pipa sepanjang 300 kilometer dari fasilitas produksi Lapangan Ruby ke Lapangan Senipah yang dikelola Total E&P Indonesie di Kalimantan Timur.

“Penggelaran pipa rencananya dimulai 20 September mendatang,” kata Kepala Perwakilan BPMIGAS Wilayah Kalimantan-Sulawesi, Ngatijan saat kunjungan kerja ke Walikota Balikpapan, Rizal Effendi di Balikpapa, awal pekan ini. Hadir dalam pertemuan tersebut, Vice President Government Relation & Business Support, PearlOil, Taufik Rahardjo.

Produksi awal Lapangan Ruby diperkirakan sebesar 100 juta kaki kubik gas bumi per hari. Ngatijan mengatakan, seluruh produksi digunakan untuk kepentingan domestik, yakni Pupuk Kalimantan Timur.

“Proyek tersebut termasuk dalam lapangan marjinal dengan perkiraan produksi selama 10 tahun,” katanya.

Pemerintah Kota Balikpapan memberikan dukungan terhadap kegiatan yang akan dilakukan. Mengingat penggelaran pipa kemungkinan bersinggungan dengan kegiatan penangkapan ikan nelayan, pemda akan membantu koordinasi dengan masyarakat nelayan.

“Disarankan sebelum penggelaran dilakukan proses inventarisasi alat tangkap ikan di sekitar jalur pipa dengan melibatkan instansi terkait seperti Polda Kaltim, Lanal Balikpapan, dan Perwakilan Nelayan,” kata dia. (bpmigas) 


No comments:

Post a Comment