Saturday 8 September 2012

BPMIGAS ADAKAN FORUM FARM OUT

BALI  (Telukharunews) - Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMIGAS) mengadakan farm out forum sebagai wadah bagi para kontraktor kontrak kerja sama (Kontraktor KKS) untuk mencari rekan bisnis dalam melaksanakan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi. Kegiatan ini diadakan di Bali, Jumat (7/9).

Forum yang pertama kali diadakan di Indonesia ini diselenggarakan BPMIGAS bersama Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM); Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI); dan Jakarta Scout Check (JSC).


“Forum ini menjadi platform awal dalam mempertemukan Kontraktor KKS dengan calon investor,” ujar Wakil Kepala BPMIGAS J. Widjonarko saat membuka acara tersebut.

Sebanyak 22 Kontraktor KKS membuka booth untuk mencari investor yang berminat mengambil alih sebagian kepemilikan mereka di wilayah kerja tersebut. Dari total 22 blok tersebut, 18 merupakan blok migas konvensional sedangkan 4 sisanya merupakan blok gas metana batubara.

Widjonarko mengatakan bahwa kegiatan farm in dan farm out merupakan proses bisnis wajar yang dilakukan oleh para investor dalam rangka berbagi resiko. Dia menambahkan bahwa aturan yang ada memberikan hak bagi Kontraktor KKS untuk berbagi resiko dengan pihak lain. Namun demikian, berdasarkan aturan yang berlaku, selama tiga tahun pertama Kontraktor KKS tidak boleh mengalihkan operatorship dan tetap menjadi pemegang interest utama di wilayah kerja yang bersangkutan.

“Saya berharap forum ini bisa dimanfaatkan sebagai kesempatan yang baik bagi semua pihak yang berkeinginan untuk mengembangkan usaha, khususnya di dalam kegiatan eksplorasi migas. BPMIGAS akan memfasilitasi hal ini sepanjang sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Widjonarko. (bpmigas)

No comments:

Post a Comment