Friday 11 May 2012

PGN Dukung Program Konversi Bahan Bakar Gas


Salahsatu stasiun BBG

Telukharunews - PGN menyambut baik program pemerintah untuk konversi BBM ke gas sesuai arahan pemerintah yang dilaksanakan oleh Menteri ESDM  serta regulator terkait. Seperti yang telah ditunjukkan beberapa waktu lalu, bersama pemerintah, PGN dan beberapa stakeholder gas telah menyepakati dalam suatu MoU untuk menyalurkan gas bagi kebutuhan BBG Jabodetabek yang telah ditandatangani pada 23 April 2012 di depan Menteri ESDM. Dalam kesepakatan tersebut PGN turut berkomitmen untuk menyediakan kebutuhan gas bumi sebesar 5 MMScfd.
 
Dalam kesepakatan lainnya juga telah disetujui cara pengaturan penyaluran gas untuk kepentingan transportasi melalui pipa distribusi milik PGN. Yang mekanisme penyalurannya telah diatur secara khusus oleh Ditjen Migas dan BPH Migas sesuai dengan Permen No 19 Tahun 2009 tentang Kegiatan Usaha Gas Bumi melalui pipa. Sehingga penyaluran gas untuk kepentingan transportasi melalui pipa distribusi PGN tidak ada kendala. Selain itu, PGN juga terlibat dalam program pemerintah dalam pelaksanaan penyaluran gas kota untuk rumah tangga di Surabaya, dimana PGN hanya menyalurkan dan tidak mengenakan biaya pemanfaatan pipa jaringan distribusinya.
 
Sejak tahun 2006, PGN telah melakukan penyaluran gas untuk SPBG. Dimana penyaluran tersebut memanfaatkan jaringan pipa yang dimiliki oleh PGN sehingga tidak ada kekhawatiran mengenai pemanfaatan jaringan pipa gas milik PGN untuk penyaluran ke SPBG. Karena PGN melaksanakan penyaluran gas sesuai dengan mekanisme pemanfaatan gas yang telah diatur dalam perundang-undangan yang berlaku.
 
“Kami sangat mendukung program konversi BBM ke BBG untuk mengurangi dampak subsidi yang membebani APBN,” tegas Hendi Prio Santoso, Direktur Utama PGN.
 
Saat ini PGN juga secara aktif mengajak badan usaha migas lain untuk bekerjasama memanfaatkan jaringan gas dalam rangka melaksanakan program konversi. Khususnya kerjasama dengan Pertamina dan SPBU yang dikelola oleh Pertamina sebagai bentuk kerjasama sinergi BUMN.
 
Selain itu PGN akan mengajak semua SPBU yang sekarang ada dibawah naungan Hiswana Migas untuk memanfaatkan jaringan pipa gas PGN dalam rangka untuk melayani kebutuhan masyarakat akan bahan bakar gas. Dengan demikian SPBU yang saat ini beroperasi dan dekat dengan jaringan pipa distribusi gas PGN dapat memanfaatkannya untuk menyalurkan bahan bakar gas bumi sehingga tidak perlu adanya kekhawatiran mengenai pemanfaatan jaringan pipa distribusi PGN. Manajemen PGN telah melakukan konfirmasi dan klarifikasi  serta meyakinkan stakeholder mengenai permasalahan tersebut.
 
Dengan partisipasi aktif PGN dalam menyukseskan program pemerintah untuk mengkonversi BBM ke gas, diharapkan pelaksanaannya dapat berjalan lebih cepat  sehingga masyarakat dapat menikmati pemanfaatan energi murah dan ramah lingkungan. (esdm)


No comments:

Post a Comment