Friday 25 May 2012

Menteri ESDM : 28 Mei 2012 Presiden Umumkan Kebijakan Hemat Energi

Menteri ESDM Jero Wacik
Telukharunews – Menteri ESDM Jero Wacik menyampaikan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengumumkan kebijakan penghematan energi pada 28 Mei 2012. Keputusan penghematan energi yang meliputi penghematan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, listrik, air tanah dan manajemen energi tersebut akan mulai berlaku 1 Juni 2012.

“Target 28 Mei 2012 akan diumumkan oleh Presiden, sekalian juga Kepmennya akan keluar," ungkap Jero Wacik usai membuka Konvensi dan Pameran IPA ke-36 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (23/5/2012).

Lebih lanjut Jero Wacik menyampaikan, akan ada 4 Kepmen yang akan dikeluarkan Pemerintah terkait gerakan hemat energi ini. “Ada 4 kepmen yang akan saya keluarkan, ada Kepmen tentang pengendalian penggunaan BBM, penghematan pemakaian tenaga listrik, penghematan penggunaan air tanah, dan manajemen energi,” ungkapnya.

Menurut Jero Wacik, yang disebut penghematan adalah jangan membuang sesuatu yang percuma. “Jadi gedung-gedung Pemerintah mematikan lampu pada saatnya, bila lembur jangan semua lampu dinyalakan, cukup lampu di tempat yang lembur saja, air tanah juga harus dihemat,” jelasnya.

Jero Wacik mengungkapkan, pihaknya  akan segera memanggil Sekretaris Jenderal (Sekjen) di setiap Kementerian karena mereka yang akan menjadi penanggung jawab melakukan pengawasan. "Sekjen akan saya kumpulkan semua untuk tindak lanjutnya," pungkasnya. (esdm)

No comments:

Post a Comment