Sunday 27 May 2012

Pemprov Sumut Inventarisir 5 Calon Nama Bandara Kualanamu


Foto Telukharunews/GE
Jakarta (Telukharunews) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sudah memperoleh lima nama usulan untuk calon Bandara Kualanamu. Usulan nama dari masyarakat masih ditampung hingga dua pekan ke depan.

Sekretaris Daerah Sumut Nurdin Lubis menyebutkan, lima nama yang secara resmi masuk ke Tim Inventarisasi Usulan Nama Bandar Udara di Kualanamu itu, merupakan usulan dari berbagai kalangan. Kelima usulan nama itu masing-masing Bandara Sultan Serdang, Bandara Kualanamu, Bandara Raja Sisingamangaraja XII, Bandara Haji Adam Malik, dan Bandara Tengku Amir Hamzah.

"Lima nama ini berkas usulannya resmi sudah ada pada tim kecuali nama Tengku Amir Hamzah yang berupa tembusan surat di mana berkas aslinya di Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub RI di Jakarta," kata Nurdin kepada wartawan di Medan, Minggu (27/5/2012).

Disebutkan Nurdin, tim yang dipimpinnya masih membuka peluang menerima usulan nama bandara baru pengganti Bandara Polonia itu. Terhadap organisasi dan semua pihak berkompeten yang masih memiliki ide maupun usulan nama, termasuk pihak yang pernah menyampaikan usulan bukan kepada Tim Inventarisasi, diimbau segera manyampaikannya kepada tim.

"Tim memberi peluang hingga dua minggu ke depan sejak Senin 28 Mei 2012. Silakan ajukan usulan kepada tim, termasuk yang pernah mengajukan agar menyampaikannya kembali kepada tim," katanya.

Berdasarkan hasil rapat tim di Kantor Gubernur Sumut pada 24 Mei 2012, usulan nama oleh masyarakat dan Pemkab/ Pemko jika diajukan harus representatif, dilengkapi dasar atau alasan pengusulan. Secara resmi diajukan kepada Gubernur Sumut cq Tim Inventarisasi Usulan Nama Bandar Udara di Kualanamu d/a Sekretariat Biro Hukum Setdaprov Sumut, Lantai 7 Kantor Gubernur Sumut, Jl. Diponegoro, Medan.

Dijelaskan, ketentuan yang diatur oleh Menhub bahwa nama bandara diusulkan Pemprov Sumut dengan persetujuan DPRD Sumut untuk diputuskan atau ditetapkan Menteri Perhubungan.

"Enam bulan sebelum operasional nama itu sudah harus ditetapkan. Bandara ini dijadwalkan operasional bulan Maret 2013 sehingga bulan September ini mesti disosialisasikan ke dunia internasional," jelasnya.(detikNews)

No comments:

Post a Comment