Friday 7 June 2013

PT Pertamina EP Asset-I Field Lirik Latihan Penanggulangan Tumpahan Minyak

Pelabuhan Khusus Minyak di Buatan-Siak-Indragiri Hulu-Riau
LIRIK, Riau - PT Pertamina EP Asset-I Field Lirik Gelar Latihan Penanggulangan Tumpahan Minyak di wilayah perairan Sungai Indragiri, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Sabtu lalu.

Sebelumnya kegiatan PTMP juga pernah dilaksanakan di Sungai Siak Terminal Buatan dengan melibatkan SKK Migas, BLH Kabupaten Siak, Polsek Buatan II, dan beberapa warga setempat.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh HSE Assistant Manager Field Lirik selaku on Scene Commander (OSC) PTMP, Dzahni El Mufaqih, ini bertujuan untuk melatih tim PTMP Field Lirik dalam menanggulangi keadaan darurat di perairan dan sekaligus untuk mengecek kondisi peralatan PTMP seperti oil boom, oil skimmer, vacuum skimmer truck, response boat, fighting craft, dan peralatan pendukung lainnya.

Skenario dalam simulasi keadaan emergency tersebut, yaitu terjadi nya tumpahan minyak (oil spill) akibat kebocoran pipa minyak yang melintasi area sungai sehingga mencemari Sungai Indragiri, dan diperkirakan loss oil spill telah mencapai 1000 bopd. Tim PTMP Field Lirik segera melakukan tindakan penanggulangan keadaan darurat dengan mematikan valve transfer minyak, mencegah penyebaran minyak, dan membersihkan oil spill dari Sungai Indragiri.
Foto L&R Field Lirik
 “PTMP Drill sangat perlu dilakukan, agar tim PTMP semakin terlatih dan peralatan yang ada bisa juga di cek kondisi dan fungsinya. Hal ini tentu saja untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi keadaan emergency yang sebenarnya diwilayah perairan khususnya Sungai Indragiri” ujar Pjs Field Manager, Irianus selaku Incident Commander (IC) PTMP.

Sementara itu, Assisten Manager Legal & Relation PT Pertamina EP Asset I Field Lirik, H.Jufri saat dihubungi Telukharunews.com melalui telepon selular, Jum’at (7/6) menyebutkan, kegiatan pelatihan penanggulangan tumpahan minyak di perairan Sungai Siak akan terus dilakukan secara berkala mengingat kegiatan pengapalan minyak dari Pelsus Terminal Buatan ke Kilang CDU RU-II Sei Pakning masih terus berlanjut.

Selain itu, masih menurut Jufri, pelatihan penanganan dan penanggulangan api kebakaran (Fire Drill)  maupun ERP Drill akan terus dilakukan secara rutin oleh tim Organisasi Penanggulangan Keadaan Darurat (OPKD) Field Lirik. “ Hal ini menjadi prioritas utama kami agar seluruh Tim OPKD selalu siap untuk menghadapi segala keadaan darurat bila terjadi di Field Lirik,” ujar Jufri.

No comments:

Post a Comment