Tuesday 11 June 2013

Matahari Memancarkan Suar Surya (Solar flare) M5.9

Solar flare M-class muncul di kanan bawah matahari pada tanggal 7 Juni 2013. Gambar ini diambil oleh NASA Solar Dynamics Observatory di 131 Angstrom panjang gelombang, panjang gelombang sinar UV yang sangat baik untuk melihat flare dan yang biasanya berwarna di teal. Keterangan: NASA/SDO
NASA- Matahari memancarkan suar surya (solar flare) tingkat menengah, memuncak pada Sabtu, 7 Juni 2013 pukul 18:49. Solar flare adalah semburan kuat radiasi. Radiasi berbahaya dari flare tidak dapat melewati atmosfer bumi secara fisik mempengaruhi manusia di bumi, namun - ketika cukup kuat – flare tersebut dapat mengganggu suasana di lapisan perjalanan sinyal komunikasi, yaitu mengganggu sinyal radio selama pembakaran sedang berlangsung, di mana saja dari menit ke jam.

Flare ini diklasifikasikan sebagai flare M5.9. Flare M-kelas flare terlemah yang masih dapat menyebabkan beberapa efek cuaca ruang angkasa dekat Bumi. Flare ini menyebabkan pemadaman radio moderat, dinilai sebuah R2 pada National Oceanic dan skala cuaca ruang Atmospheric Administration, yang berkisar dari R1 ke R5. Sejak itu mereda.

Peningkatan jumlah flare yang cukup umum pada saat ini, karena siklus aktivitas 11 tahun yang normal matahari ramping arah maksimum surya, yang diperkirakan pada akhir 2013. Manusia telah melacak siklus matahari terus menerus sejak ditemukan pada 1843, dan itu adalah normal untuk berada di sana banyak flare hari selama puncak aktivitas matahari. NOAA Space Weather Prediction Center (http://swpc.noaa.gov) adalah sumber resmi pemerintah AS untuk ruang perkiraan cuaca, peringatan, pemantauan dan peringatan dini.


No comments:

Post a Comment