Tuesday 25 June 2013

Badai Tropis Cosme Muncul di BaratDaya Samudera Pasifik

Posisi terkini badai tropis Cosme diabadikan oleh Telukharunews.com
MIAMI - Badai Tropis Cosme telah terbentuk di Samudera Pasifik sebelah BaratDaya Meksiko dan diperkirakan akan menjauh dari pantai negara itu.

Kecepatan angin maksimum badai pada Senin dini  40 mph (65 kph). The US National Hurricane Center di Miami mengatakan beberapa penguatan yang diperkirakan badai itu bisa berubah menjadi topan pada Selasa malam atau Rabu.

Cosme berpusat sekitar 435 mil (695 kilometer) sebelah Selatan Manzanillo, Meksiko, dan bergerak ke arah BaratLaut dengan kecepatan 10 mph (17 kph).
NOAA's satellite image of the Eastern Pacific
Sementara menurut data yang dikutip Telukharunews dari NOAA National Hurricane Center tertera posisi terakhir Cosme dilaporkan pada 24 Juni 2013 - 05:00 PDT, maksimum kecepatan angin: 55.00 knot (63,29 mph) dengan gerakan Badai berada di BaratLaut (305,0 derajat). Badai Tropis Cosme merupakan badai ke 3 tahun 2013 yang terjadi di Pasifik Timur.

Cosme Menguat

Badai Tropis Cosme sedang memperkuat diri di perairan Samudera Pasifik BaratDaya dari daratan Meksiko dan prakirawan mengatakan diperkirakan badai itu akan berubah menjadi topan dalam sehari ini.

Kecepatan angin maksimum Badai ini telah meningkat menjadi 65 mph (105 kph) pada akhir Senin. Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (The US National Hurricane Center) di Miami mengatakan lebih lanjut, penguatan badai Cosme diperkirakan dapat terjadi dalam 48 jam mendatang dengan perkiraan  suatu saat akan berubah menjadi Topan, Selasa (25/6).

Prakiraan rute perjalanan badai Cosme selama 5 hari ke depan
Cosme berpusat sekitar 320 mil (515 kilometer) di BaratDaya dari Manzanillo, Meksiko, dan bergerak ke arah BaratLaut dengan kecepatan 14 mph (22 kph).

Pusat badai mengatakan alun/ombak laut yang dihasilkan oleh badai akan mulai mempengaruhi pesisir pantai Pasifik dari Manzanillo ke Cabo Corrientes semalam dengan pecahan arus ombak yang dapat  mengancam jiwa manusia.

Awal bulan ini, badai tropis pertama musim Atlantik, Andrea, telah menyebabkan kerusakan yang parah terhadap tanaman di Kuba dan merusak lebih dari 1.900 rumah.

Musim topan Atlantik mulai 1 Juni dan berlangsung sampai 30 November.

Para ilmuwan di US National Oceanic and Atmospheric Administration memperkirakan bahwa musim Atlantik enam bulan kedepan akan melihat 13-20 badai, tujuh sampai 11 topan  dan 3 sampai 6 topan besar.

Sumber: AP/ AFP/NOAA National Hurricane Center


No comments:

Post a Comment