Friday 7 June 2013

KONDISI CUACA HARI INI 7 JUNI 2013 DI INDONESIA

Citra Satelit Terkini

Citra ini diambil pada pita gelombang inframerah dan menggambarkan suhu relatif/hangat atau dinginnya obyek-obyek yang teramati oleh satelit cuaca. Awan-awan rendah umumnya suhunya lebih hangat dan berada relatif dekat terhadap permukaan bumi dan berwarna biru tua s/d hijau muda, sementara awan-awan bersuhu lebih dingin yang umumnya puncak awannya lebih tinggi berwarna oranye s/d pink terang. Citra inframerah ini sangat berguna untuk mendeteksi awan-awan baik di waktu siang maupun malam hari.


Citra ini diambil pada pita panjang gelombang yang sensitif terhadap kandungan uap air di atmosfer. Warna putih terang menggambarkan adanya kandungan uap air (udara lembap), wilayah dengan warna biru menunjukkan kelembapan udara tinggi dan/atau kristal-kristal es di dalam awan. Sedangkan warna coklat menunjukkan kelembapan udara rendah/tidak ada kandungan uap air.Citra water vapor ini sangat penting untuk menentukan wilayah-wilayah yang udaranya lembap/kandungan uap airnya tinggi serta mendeteksi sirkulasi/aliran massa udara di atmosfer.

Potensi hujan (Qualitative rainfall estimate)


Waktu Pengamatan dalam UTC / GMT ( WIB = UTC+7 )

Animasi Citra 6 Jam Terakhir

Animasi berikut ini menunjukkan pertumbuhan dan pergerakan awan. Pada citra ini, awan yang ditampilkan adalah awan dengan suhu puncak lebih kecil dari nol derajat Celcius. Semakin dingin suhu puncak awannya (ditunjukkan dengan warna yang semakin putih) maka semakin tinggi pula potensi terjadinya hujan.



Untuk info selengkapnya silahkan kontak :

Sub Bidang Pengelolaan Citra Satelit
Bidang Pengelolaan Citra Inderaja
Deputi Bidang Meteorologi
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Jl. Angkasa I No.2 Kemayoran Jakarta 10720
Telp. +6221-6546315

Email : citra.satelit@bmkg.go.id

No comments:

Post a Comment