Saturday 29 June 2013

Badai Tropis Gorio Akan Melakukan Pendaratan di Samar Timur

MANILA-Filipina- Badai Tropis Gorio (kode nama internasional Rumbia) dapat membuat pendaratan di Samar Timur, Sabtu pagi, bahkan sebagai Metro Manila dan 27 daerah lainnya berada di bawah sinyal badai, kata Prakirawan Cuaca Filipina.

Prakirawan PAGASA, Fernando Cada mengatakan, Manila berada di bawah Sinyal 1, memperkirakan mungkin efek dari Badai Tropis Gorio mulai Sabtu sore.

"Inaasahan Natin tumama ito sa kalupaan mamayang Umaga sa Eastern Samar (Kami memperkirakan Gorio akan melakukan pendaratan di Samar Timur, pagi ini)," kata Cada dalam sebuah wawancara di radio DZBB.

Dia mengatakan modul mereka menunjukkan Gorio dapat keluar wilayah Filipina pada Selasa pagi.

PAGASA ini 05:00, Advisor PAGASA mengatakan Gorio diperkirakan berada 100 km sebelah timur dari Borongan Kota pada 04:00, dengan kecepatan angin maksimum di pusat badai 65 kpj hingga 80 kpj.

Dikatakan, Gorio diperkirakan bergerak ke BaratLaut dengan kecepatan 15 kilometer per jam dan mungkin sekitar Kota Legazpi di Albay, Minggu pagi.

Senin pagi, diperkirakan berada di sekitar Iba, Zambales sekitar 500 km sebelah BaratLaut dari Iba, Zambales pada Selasa pagi.

PAGASA dalam Bulletin Badai memperkirakan, Badai Gorio pada pukul 23:00 waktu setempat akan bergerak ke barat-BaratLaut dengan kecepatan 15 kilometer per jam dengan puncak angin dekat pusat hingga 80 kpj. Pada Sabtu, 29 Juni 2013 malam, Gorio mungkin berada di sekitar Catarman, Samar Utara. Badai diperkirakan Minggu malam berada di dekat kota Cabanatuan dan kemudian pada Senin malam, posisi perkiraan adalah 390 km BaratLaut dari kota Dagupan. (PAGASA)
Sinyal badai

Setidaknya 28 daerah yang ditempatkan di bawah sinyal badai, termasuk delapan di bawah Sinyal No 2 dan 20 di bawah Sinyal No 1.

Berdasarkan Badai Sinyal No 2 adalah:

Catanduanes
Camarines Sur
Albay
Sorsogon
Masbate termasuk Burias dan Kepulauan Ticao
Provinsi Samar
Biliran
Leyte

Berdasarkan Badai Sinyal No 1 adalah:

Camarines Norte
Quezon
Pulau Polillo
Marinduque
Oriental Mindoro
Romblon
Batangas
Laguna
Cavite
Rizal
Bulacan
Metro Manila
Aklan
Capiz
Northeastern Iloilo
Bantayan Island
Pulau Camotes
Southern Leyte
Dinagat Provinsi
Siargao Island.

"Warga di daerah dataran rendah dan pegunungan di bawah Sinyal # 2 & # 1 disiagakan terhadap kemungkinan banjir bandang dan tanah longsor," kata PAGASA.

Hal ini juga diperingatkan kepada mereka yang tinggal di wilayah pesisir terhadap gelombang besar atau badai lonjakan yang dihasilkan oleh Gorio.

PAGASA mengatakan Gorio dapat membawa curah hujan dari 5 sampai 15 mm per jam (sedang sampai berat) dalam 300-km diameternya.


Sumber: GMA News

No comments:

Post a Comment