Friday 28 June 2013

5 PROVINSI DI FILIPINA BERADA DALAM PERINGATAN BADAI SINYAL 1

MANILA, Filipina - Lima provinsi di Visayas dan Mindanao berada di bawah peringatan badai sinyal 1 sebagai daerah tekanan rendah dari Kota Surigao  telah berkembang menjadi Depresi Tropis (Tropical Depression) "Gorio," kata Biro Cuaca Filipina, Jumat 28 Juni 2013.

Menurut PAGASA (The Philippine Atmospheric Geophysical and Astronomical Services Administration /Layanan Administrator Geofisika Atmosfir dan Astronomi ),  daerah Provinsi Samar Utara, Samar Barat dan Provinsi Samar Timur di Visayas, dan Pulau Dinagat serta Pulau Siargao di Mindanao sekarang di bawah badai sinyal 1.

Gorio, merupakan siklon tropis ketujuh di Filipina tahun 2013, dapat membawa curah hujan 5-15 milimeter per jam (sedang - berat) dalam area berdiameter 500 kilometer.

Pada Jum’at, 28 Juni 2013 pukul 04:00 waktu setempat, Gorio diperkirakan berada 500 km sebelah timur dari Kota Surigao dengan kecepatan angin maksimum 45 kilometer per jam.

Citra satelit dari Tropical Depression "Gorio" ketika bergerak perlahan-lahan dekat Kota Surigao di Mindanao pada Jum’at 28 Juni 2013 pukul 07:20. (Foto PAGASA)
PAGASA mengatakan, Gorio akan meningkatkan monsun BaratDaya yang akan membawa hujan sedang sampai lebat dan sesekali terjadi badai petir di Visayas dan Mindanao.

Prakirawan cuaca, Buddy Javier mengatakan dalam sebuah laporan bahwa Gorio yang diperkirakan mendarat di selatan Luzon khususnya di provinsi Aurora dan juga diperkirakan akan mengintensif menjadi badai tropis sejak berada di laut.

Dalam arahannya, PAGASA mengatakan, Gorio diproyeksikan bergerak di arah BaratLaut pada 7 kpj. Hal ini diperkirakan akan berada di 60 km sebelah timur dari Guiuan, Samar Timur pada hari Sabtu pagi dan 340 km sebelah timur dari kota Legaspi, Minggu pagi.

PAGASA mengatakan dengan gerakan Gorio yang lambat  itu diperkirakan akan keluar dari area Filipina pada Senin (1/7) menuju Cina.

Badan ini menyarankan warga yang tinggal di daerah dataran rendah dan pegunungan di bawah sinyal peringatan badai  untuk waspada terhadap kemungkinan banjir bandang dan tanah longsor.

Sumber: philSTAR.com


No comments:

Post a Comment