Sunday 9 June 2013

Presiden SBY: "Saya Persembahkan ke Ibu Pertiwi Raga dan Jasa Taufiq Kiemas"

Jenazah Taufik Kiemas disemayamkan di Bandara Halim Perdanakusumah (tvOne)/vivanews. 
JAKARTA - Diiringi tembakan dan musik hening, jenazah almarhum Ketua MPR Taufiq Kiemas dimasukkan ke dalam liang lahat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (9/6) pukul 11.00 WIB. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertindak sebagai inspektur upacara.

"Saya, Presiden Republik Indonesia, atas nama negara, mempersembahkan ke persada Ibu Pertiwi, jiwa, raga, dan jasa almarhum H Dr Taufiq Kiemas. Semoga jalan bakti yang ditempuh menjadi teladan dan arwahnya diterima Tuhan yang Maha Esa," kata Presiden SBY mengantar upacara pemakaman kenegaraan ini.

Peti jenazah Taufiq Kemas berbalut bendera Merah Putih. Di sekeliling liang lahat berdiri anggota keluarga, politisi, serta pejabat Polri dan TNI ikut mengiringi jenazah. Di antara keluarga, tampak sang isteri, Presiden ke-5 RI Taufik Kiemas, dan putri, Puan Maharani.

Dalam pidatonya, SBY membacakan perjalanan Taufiq Kiemas sebagai salah seorang negarawan. SBY juga mengajak kepada semua pihak untuk mengikuti jejak-jejak yang ditinggalkan Taufiq sebelum mengembuskan napas terakhirnya.

Jenazah almarhum Taufiq Kiemas dikebumikan tepat di samping makam ayahnya, H Tji Agus Kiemas, di Blok M Nomor 114, Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan.

Taufiq Kiemas meninggal kemarin malam, sekitar pukul 19.12 waktu Singapura atau 18.12 WIB, akibat serangan jantung. Almarhum dirawat di General Hospital Singapura pada Senin (3/6) lalu, setelah kelelahan usai menghadiri acara peringatan kelahiran Pancasila di Ende, Nusa Tenggara Timur, pada 1 Juni.

Almarhum lahir pada 31 Desember 1942, di Jakarta. Taufiq Kiemas adalah Ketua MPR ke-12, periode 2009-2014.

Twitter: @websitepresiden

No comments:

Post a Comment