Monday 10 June 2013

Badai Tropis 03W (Yagi), # 3 Akan Melemah Sebelum Mencapai Kanto-Jepang ?

TELUKHARUNEWS- Menurut pakar badai dan topan, Dave Ornauer dalam tulisannya yang berjudul “Tropical Storm 03W (Yagi), # 3; dying out before reaching Kanto?” yang telah penulis terjemahbebaskan, Badai Tropis 03W (Yagi), # 3 Akan Melemah Sebelum Mencapai Kanto-Jepang melalui prakiraannya seperti di bawah ini.

Minggu, 9 Juni 2013 pukul 01:00 waktu Jepang: Yagi telah menjadi sistem tropis ketiga bernomor musim siklon tropis Pasifik BaratLaut, membentuk sebagai depresi tropis sekitar 630 km sebelah selatan bagian Tenggara dari Okinawa, tetapi awal peringatan Joint Typhoon Warning Center tidak tampak bahwa Yagi sebagai ancaman bagi daratan Jepang.

Dalam perkiraan awal, Yagi diperkirakan akan menyelinap sekitar pertengahan antara Okinawa dan Iwo Jima, memuncak dalam intensitas sekitar 21:00 Senin waktu setempat di 58-mph kecepatan angin dan hembusan 75-mph karena bergolak melewati pulau Daito dan kepala (pusat badai, red) menuju Kansai sebagai badai tropis yang cukup signifikan.

Prakiraan selanjutnya, Yagi akan berbelok ke kanan menuju daerah Tokyo dalam kondisi mulai  memudar dengan kemasan 23-mph kecepatan angin dan hembusan 35 mph. Sejauh ini belum ada dikeluarkan/diumum peringatan siaga siklon tropis di daerah itu.

Minggu, 9 Juni 2013 pukul 08:00 waktu Jepang: Sementara Badai Tropis Yagi harus bertahan selama beberapa hari lagi, tidak muncul seolah-olah itu akan banyak ancaman ke Okinawa atau bahkan Kanto Plain, info terbaru dari Joint Typhoon Warning Center (JTWC) menyatakan, Yagi kemungkinan akan mati (lenyap, red) di laut di selatan Hamamatsu pada Kamis sore.

Buletin terbaru JTWC mengindikasikan Yagi akan memperkuat pada 58-mph kecepatan angin dan hembusan 75-mph karena berputar-putar antara Daito di barat Kepulauan Jepang dan Iwo Jima ke timurnya. Pendaratan diperkirakan akan terjadi pada pukul 3 sore Rabu (12/6, red.), tetapi dengan kekuatan angin yang mulai berkurang, 35-mph berkelanjutan dan hembusan 46-mph saat mencapai tanah di selatan Kyoto.

Sementara, Okinawa mungkin mengalami apa yang disebut "angin pisang" selama beberapa hari sebagai Yagi strolls 400-plus km sebelah timur Selasa pagi karena Yagi membuat jalan ke utara. Menurut prediksi Pangkalan Udara Kadena, diperkiraan 60 persen kemungkinan akan terjadi hujan pada Selasa, Rabu dan Kamis.

Badai Tropis 03W (Yagi), # 4 FINAL

Senin, 10 Juni 2013 pukul 19:30 waktu Jepang: Badai Tropis Yagi mungkin akan mati (hilang, red) sebelum mencapai daratan. Menurut perkiraan terbaru dari Joint Typhoon Warning Center Jepang, Yagi terlacakan lebih ke timur dari perkiraan sebelumnya, dan harus mencapai puncaknya pada 52-mph kecepatan angin dan hembusan 63-mph saat melintasi Tropic of Cancer Selasa, 18:00 pembaruan dari JTWC Yagi telah melengkung ke timur ketika bergerak di atas perairan utara yang dingin dan akan meledak oleh geser angin vertikal, berkurang menjadi 23-mph kecepatan angin dan hembusan 35 mph sekitar tengah hari Kamis, sekitar 250 km sebelah selatan dari Yokosuka Naval Base . Kecuali perubahan ini secara signifikan.

Sebagai informasi dapat dijelaskan bahwa Yagi adalah bahasa Jepang untuk konstelasi Capricorn (22-Jan 19 Desember dalam penamaan astrologis), atau kambing.

Terjemahan bebas oleh Telukharunews.

Sumber: www.stripes.com (Dave Ornauer).


No comments:

Post a Comment