Sunday 10 March 2013

Masa Jabatan Dirut Pertamina Karen Agustiawan Diperpanjang


Karen Agustiawan
JAKARTA, Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk memperpanjang masa jabatan Karen Agustiawan sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero) melalui surat keputusan No.SK-174/MBU/2013 tertanggal 5 Maret 2013. Surat Keputusan tersebut secara resmi telah diserahkan kepada Karen Agustiawan oleh Dwijanti Tjahjaningsih selaku Deputi Bidang Usaha Strategis dan Manufaktur di Kantor Kementerian BUMN pada Rabu (6/3/2013).

Melalui surat keputusan tersebut, Menteri BUMN Dahlan Iskan selaku RUPS memperpanjang masa jabatan Karen Agustiawan sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero) terhitung sejak tanggal 5 Maret 2013 sampai dengan diangkatnya Direktur Utama yang definitif.

Keputusan ini sekaligus menempatkan Karen Agustiawan sebagai Direktur Utama Pertamina pertama yang berhasil menuntaskan 5 tahun masa baktinya sejak penerapan Undang-undang No.22/2001 yang merubah status Pertamina sebagai Perseroan Terbatas, bahkan kini telah melampauinya.

Selama masa jabatannya, Karen terus berhasil meningkatkan kinerja perusahaan dengan peningkatkan produksi migas hingga mencapai 461.640 boepd pada 2012. Bahkan di bawah kepemimpinannya Pertamina dapat mencapai laba bersih tertinggi sepanjang sejarah berdirinya perusahaan sebesar Rp. 25,89 Triliun pada tahun 2012 serta memberikan kontribusi setoran kepada negara sebesar Rp.66,11 triliun dimana Rp.7,74 Triliun diantaranya berupa dividen.

Di sisi corporate governance juga mengalami kemajuan yang luar biasa dengan pencapaian skor GCG sebesar 93,51 dan skor tingkat kesehatan perusahaan 94,43 atau dalam rating AA berdasarkan Keputusan Menteri BUMN No.KEP-100/MBU/2002 tanggal 4 Juni 2002.

Sementara itu, susunan direksi lainnya tidak mengalami perubahan yang terdiri dari Chrisna Damayanto sebagai Direktur Pengolahan, Hanung Budya sebagai Direktur Pemasaran dan Niaga, Evita Maryanti Tagor sebagai Direktur SDM dan Luhur Budi Djatmiko sebagai Direktur Umum. Direktur Gas tetap dijabat Hari Karyuliarto, Direktur Pengembangan Investasi dan Manajemen Risiko M. Afdal Bahaudin, Direktur Hulu M. Husen dan Direktur Keuangan Andri T. Hidayat. (fi)

No comments:

Post a Comment