Saturday 26 January 2013

Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Istana Negara


Rasulullah Selalu Memberi Contoh dengan Perbuatan

Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono, beserta Wapres Boediono dan Ibu Herawati Boediono, menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1434 H/2013 M di Istana Negara, Jumat (25/1) pukul 20.00 WIB.

Di awal acara, Presiden dan Ibu Negara serta seluruh tamu undangan yang hadir dengan khidmat mendengarkan khotbah dari Rektor IAIN Raden Intan Lampung Prof. Moh. Mukri dengan tema "Meneladani Akhlak Rasulullah dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara."

Solusi untuk menuntaskan permasalahan negeri ini, menurut Prof. Moh. Mukri adalah dengan menerapkan pola hidup bersahaja, sederhana dan tauladan seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Sementara Presiden SBY dalam sambutannya menyampaikan pesannya pada seluruh rakyat Indonesia, utamanya pada pemimpin formal maupun non-formal, berkaitan dengan pemikiran perlunya meneladani sikap pemikiran dan perilaku rasul. "Junjungan kita Nabi besar Muhammad dalam rangka mengajak dan membimbing umatnya menjalankan hal-hal yang benar. Beliau selalu memberi contoh dengan perbuatan bukan hanya melalui kata-kata," Presiden mengingatkan.

"Rasulullah juga amat gigih untuk melawan perilaku-perilaku yang merusak atau mendatangkan kerusakan baik pada ajaran agama atau kehidupan masyarakat bangsa dan negara bahkan kerusakan alam semesta ciptaan Allah SWT," ujar Presiden.

"Kalau kita ingin negeri kita rukun dan bersatu serta penuh toleransi, marilah kita beri contoh secara nyata agar semua itu bisa terwujud. Kalau kita ingin masyarakat kita tidak mudah melakukan kekerasan horizontal dan konflik komunal, marilah kita memberi contoh untuk mencegah hal-hal yang tidak baik itu dan tidak sebaliknya memberi angin ke arah itu. Kalau kita ingin hukum di negeri ini tegak dan korupsi di negeri ini dapat kita cegah dan berantas, marilah kita beri contoh dan berjuang dengan gigih agar sasaran itu dapat kita capai," Presiden menegaskan.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara juga mengajak masyarakat Indonesia untuk membantu saudara-saudaranya yang tertimpa musibah bencana terjadi belakangan ini. "Saya mengajak saudara-saudara yang memiliki kemampuan untuk mengulurkan tangan, bersama-sama mengurangi beban dan kesulitan saudara-saudara kita yang tertimpa musibah," ajak Presiden.

Diakhir sambutan, Presiden sempat memberikan pesan singkat mengenai Pemilu 2014 mendatang. "Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menciptakan kehidupan demokrasi yang santun teduh dan beretika," pesan Presiden.

Dalam acara tersebut juga dibacakan ayat suci Al-quran oleh qari'ah terbaik 2 golongan remaja putri pada MTQ Nasional XXIV, Eva Hudaefah.

Hadir pada peringatan Maulid Nabi Muhammad kali ini diantaranya, Menag Suryadharma Ali, Mendikbud M. Nuh, Menpora Roy Suryo, dan Ketua Lembaga NU Jakarta Zaky Mubarok. (www.presidenri.go.id)

No comments:

Post a Comment