Friday 4 January 2013

'Auring' Mengintensifkan Diri Menjadi Badai Tropis


Palawan berada dalam sinyal badai
Telukharunews - Provinsi Palawan ditempatkan di bawah sinyal badai Kamis, (4/1/2013) malam sebagai akibat Auring Siklon Tropis (kode nama internasional Sonamu) diintensifkan menjadi badai tropis, ungkap PAGASA (Badan Cuaca Nasional). Penasehat PAGASA mengatakan bahwa selatan Palawan berada di bawah Badai Sinyal No 2, sementara sisanya berada di bawah Palawan, yaitu  Sinyal Badai No 1.

PAGASA mengatakan Auring diintensifkan saat melintasi Laut Sulu, bergerak lebih dekat ke Palawan.

Pada pukul 10 malam, Badai Tropis Auring diperkirakan berada 110 km sebelah selatan dari Puerto Princesa City, dengan angin maksimum 65 km dekat pusat dan angin kencang yang bisa muncul secara mendadak hingga 80 km/jam.

Auring sedang bergerak ke barat dalam kecepatan 28 kilometer per jam dan diperkirakan menjadi 660 km sebelah baratdaya dari Puerto Princesa City, atau di luar wilayah Filipina Responsibility, Jumat malam.

Auring diperkirakan akan membawa curah hujan 10 sampai 20 mm per jam (berat untuk intens) dalam 300-km diameternya.

"Warga yang tinggal di daerah dataran rendah dan pegunungan di bawah peringatan badai sinyal  2 dan 1 diperingatkan terhadap kemungkinan banjir bandang dan tanah longsor.  Demikian juga yang tinggal di daerah pesisir di bawah peringatan badai sinyal 2 diperingatkan terhadap kemungkinan muncul gelombang besar atau lonjakan badai yang dihasilkan oleh siklon tropis," kata PAGASA.

Selain itu juga disarankan perahu nelayan dan perahu kecil lainnya agar tidak keluar ke perairan pesisir timur Filipina, dan pesisir pantai utara dan barat Luzon Utara karena musim timur laut, serta  di pesisir barat Visayas dan Mindanao karena Auring/Sonamu. (fi)  

Sumber : DVM, GMA News

No comments:

Post a Comment