Wednesday 9 January 2013

Cuaca sejuk bantu pemadaman kebakaran di Australia

100 orang tak diketahui nasibnya, dan 10.000 hewan ternak mati
AUSTRALIA, (Telukharunews) - Perubahan cuaca menjadi sejuk memberi kelegaan kepada regu pemadam api yang sedang berjuang mengatasi puluhan kebakaran hutan di Australia Tenggara, tapi ancaman belum berlalu, Rabu (9/1/2013).
Perubahan cuaca menjadi sejuk memberi kelegaan kepada regu-regu pemadam api yang sedang berjuang mengatasi puluhan kebakaran hutan yang dipicu oleh gelombang panas yang melanda Australia bagian tenggara.
Sejumlah rumah musnah dimakan api di negara bagian New South Wales dan Victoria, dan lebih dari 100 orang masih belum diketahui nasibnya setelah kebakaran hutan minggu lalu di Tasmania.
Sekitar 10.000 ekor ternak diperkirakan telah mati dalam kebakaran hutan di New South Wales.
Ribuan petugas pemadam kebakaran berpacu dengan waktu untuk mengendalikan api sebelum kondisi menjadi sangat panas dan berbahaya lagi di minggu mendatang.
Regu pemadam api perlu waktu dua-setengah jam untuk mengendalikan kebakaran itu, yang telah menghanguskan lahan seluas 10 hektar.
Gelombang panas beralih ke Utara, ke kawasan selatan negara bagian Queensland, dengan suhu udara hingga 40 derajat Celsius diprakirakan dekat Brisbane.
Sementara itu, tiga orang remaja laki-laki - yang dituduh sengaja menyulut kebakaran di kawasan BaratLaut Sydney  - telah dikabulkan permohonannya untuk menjadi tahanan luar.

Warga sekitar curiga kebakaran itu sengaja disulut ketika mereka melihat tiga anak laki-laki mengendarai sepeda.

Mereka ditangkap dan kini diancam dakwaan menyulut kebakaran pada waktu mereka dihadapkan ke pengadilan akhir bulan ini. (fi)
Sumber : ABC Radio Australia

No comments:

Post a Comment