Saturday 12 January 2013

Kekuatan Topan Narelle Mulai Melemah


PERTH, Australia (Telukharunews) - Tampaknya Siklon Tropis Narelle akan mengampuni pantai Pilbara Australia Barat, tapi peramal tidak mengenyampingkan kemungkinan bahwa topan itu bisa mengubah arah.

Semalam (11/1/2013) Topan memuncak dalam intensitas dan sempat naik  ke sistem katagori lima awal pagi ini Sabtu (12/1/2013)..

Biro Meteorologi setempat mengatakan tidak mengharapkan dampak setiap badai gelombang, angin atau hujan yang parah. Saat ini kota yang paling rentan adalah Exmouth.

Narelle telah melambat menjadi sekitar tujuh kilometer per jam dan terakhir masuk posisinya berada 425 kilometer sebelah utara-Baratdaya dari Exmouth.
Kota turis sejauh ini hanya memiliki beberapa hujan intermiten tapi ada kemungkinan bahwa kecepatan hembusan angin hingga 100 kilometer per jam bisa menghantam tanjung North West, besok.

Manajer Layanan Darurat Negara, Russell Levine mengatakan ketika kategori empat siklon sempat naik ke kategori lima pagi ini, perbandingan yang dibuat untuk Topan Vance, yang mengantam tanjung ini pada tahun 1999.

"Itu adalah sedikit kekhawatiran di sana untuk sementara ini, itu melacak sama dengan Vance," katanya.

Pemilik Toko Exmouth, Rusty Ellis mengatakan warga telah ditebar dan masuk ke dalam bunker untuk berlindung.

"Semua orang punya rencana, semua orang tahu apa yang harus dilakukan," katanya.

"Sebagian besar warga setempat telah melakukannya berkali-kali sehingga menjadi semacam kebiasaan untuk semua orang."

Sersan Ian Gilyead, dari Kepolisian Exmouth, mengatakan dia senang dengan cara masyarakat telah bekerja sama untuk mempersiapkan diri terhadap cuaca berpotensi berbahaya. (fi)

Sumber : ABC News

No comments:

Post a Comment