Friday 4 January 2013

NASA melihat Badai Tropis Depresi bentuk Sonamu dekat Filipina

Ketika satelit Terra NASA melewati Badai Tropis Depresi Sonamu pada tanggal 3 Januari di 9:13 am EST / US pusat mendekati selatan Palawan. (rel NASA/NRL)

Telukharunews - Badai Tropis Depresi Sonuma pertama tahun 2013 terbentuk di utara sebelah barat Samudera Pasifik hari ini Kamis (3/1/2013), dan satelit Terra NASA menangkap gambar inframerah dari "kelahiran" badai tersebut.

Badai Tropis Depresi Sonamu, atau dikenal sebagai 01W Tropis Depresi berkembang dekat kordinat 8,6˚ lintang utara dan 118,6˚ bujur timur, sekitar 185 mil laut (213 km miles/342.6) barat laut dari Zamboanga, Filipina. Pusat Sonamu ini terletak di Laut Sulu dan diperkirakan akan menyeberangi ujung selatan Palawan sebelum pindah ke perairan terbuka Laut Cina Selatan.

Sonamu berkembang dari 92W Sistem tekanan rendah. Pada 1500 UTC (10 am EST/AS), Sonamu memiliki kecepatan angin maksimum 25 knot (28,7 mph/46.3 kph) dan diperkirakan akan mengintensifkan sebagai moderat yang akan terus menggeser angin vertikal yang kuat sebagai dampak badai tersebut

Sonamu bergerak ke barat dengan kecepatan 17 knot (19,5 mph/31.8 kph) dan diperkirakan akan terus berlanjut dalam arah itu selama beberapa hari ke depan.

Ketika satelit Terra NASA melewati Sonamu pada tanggal 3 Januari 1413 di UTC (9:13 am EST / AS) badai itu sudah mendekati selatan Palawan. Peralatan Resolution Imaging Spectroradiometer atau instrumen MODIS menangkap gambar inframerah Sonamu yang menunjukkan awan yang telah menyebarluas ke selatan Palawan.

Prakiraan Joint Typhoon Warning Center, meramalkan siklon tropis di daerah itu, mencatat bahwa citra inframerah menunjukkan bahwa pusat tingkat rendah adalah konsolidasi, dan ada konveksi yang kuat (udara yang mengembun cepat naik dan membentuk badai petir yang membuat sebuah siklon tropis). Satellite Data juga menunjukkan beberapa banding dari badai membungkus di sekitar pusat pusaran. (fi)
Sumber : Press Release EurekAlert!

No comments:

Post a Comment