Tuesday 5 June 2012

PERINGKAT KINERJA PROPER PERTAMINA UBEP LIRIK DAN JOB P-COSTA BERUBAH DARI MERAH KE BIRU


Foto : Telukharunews
Jakarta (Telukharunews) – Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) merevisi hasil penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) 2010-2011 atas tiga kontraktor kontrak kerja sama (KKS), yakni Lapangan Mutiara yang dikelola Vico Indonesia, JOB Pertamina-Costa International, dan Pertamina EP UBEP Lirik. Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri KLH Nomor 86 Tahun 2012 pada  15 Mei lalu. Sebelumnya ketiga kontraktor tersebut memperoleh peringkat merah. Kini menjadi biru karena dinilai telah memperbaiki kinerja pengelolaan lingkungannya dalam kurun waktu Juli hingga Desember 2011.

BPMIGAS menyambut baik perbaikan hasil PROPER tersebut. Artinya, tahun 2011 hanya lima kontraktor yang masih memperoleh peringkat PROPER merah.  “Sejak 2002, secara umum kinerja pengelolaan lingkungan hidup kontraktor migas selalu lebih baik,” kata Kepala Divisi Penunjang Operasi, BPMIGAS, Amir Hamzah.

Dia menegaskan, peningkatan pengelolaan lingkungan hidup merupakan wujud komitmen industri hulu migas. Di sisi lain, perbaikan pengelolaan lingkungan akan meningkatkan dukungan pemangku kepentingan setempat untuk kelancaran operasi hulu migas. Diungkapkan, beberapa kendala karena perubahan peraturan lingkungan hidup telah dapat diantisipasi dengan baik. Dalam waktu tidak terlalu lama Kontraktor KKS mampu muntuk memenuhi baku mutu yang dipersyaratkan.

Meski demikian, kata Amir, kondisi ini tidak membuat BPMIGAS berpuas diri. “Tantangan pengelolaan lingkungan hidup semakin hari semakin tidak mudah,” katanya. Misalnya, pengetatan baku mutu dan perizinan, serta kondisi psikologi masyarakat yang sensitif terhadap isu lingkungan.

Beberapa upaya dilakukan BPMIGAS, seperti percepatan evaluasi rencana kerja dan anggaran, serta pengutamaan pembahasan diskusi teknis penanganan limbah, termasuk skenario crash program. Bagi Kontraktor KKS yang mengalami kendala non teknis, manajemen BPMIGAS pun mendukung dengan memfasilitasi dukungan perbankan nasional. (bpmigas)

No comments:

Post a Comment