Thursday 28 June 2012

Indonesia Akan Siapkan Investasi Energi di Irak


Menteri ESDM, Jero Wacik foto bersama dengan Deputi Wakil Perdana Menteri Irak, Hussain Al-Shahristani (Foto Esdm)

JAKARTA (Telukharunews) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menyampaikan, Indonesia akan segera menindaklanjuti tawaran investasi energi di Irak, yang disampaikan oleh Deputi Wakil Perdana Menteri Energi Irak, Hussain Al-Shahristani di Jakarta, Rabu (27/6/2012).
"Irak berencana meningkatkan produksi minyaknya dari 3 juta barel per hari menjadi 10 juta barel per hari, di sanalah kesempatan kita untuk berpartisipasi. Bila kita bisa ambil bagian 10 persen saja dari ladang-ladang tersebut, maka akan besar efeknya bagi Indonesia," ujar Jero Wacik usai pertemuan bilateral Indonesia-Irak tentang energi.
Lebih lanjut Jero Wacik mengungkapkan, Irak saat ini tengah melakukan rekonstruksi besar-besaran untuk memulihkan perekonomian dan infrastruktur. Oleh karenanya, Indonesia melihat Irak sebagai negara strategis terutama dalam program pembangunan sektor yang signifikan dan penting di Irak.
Indonesia, kata Jero Wacik, juga menjajaki kemungkinan untuk impor minyak mentah langsung dari Irak, sehingga memudahkan kilang indonesia memproduksi BBM. "Mengenai kuota dan teknis lainnya akan dibahas lebih lanjut dengan Pertamina. Kita akan segera siapkan tim untuk ke Irak," ungkapnya.
Jero Wacik menegaskan, kerjasama ini akan segera ditindaklanjuti karena menguntungkan bagi kedua negara. Pemerintah Indonesia juga mendorong keterlibatan pihak BUMN dan swasta untuk terlibat dalam pembangunan infrastruktur bagi pemulihan ekonomi Irak. (esdm)

No comments:

Post a Comment