Tuesday 5 June 2012

1 JUTA POHON MANGROVE SUDAH DITANAM KELOMPOK TANI HUTAN BINA USAHA DI PANGKALANSUSU


Pasangan serasi mangrove dan paluh (Foto Telukharunews)

Pangkalansusu (Telukharunews) – Sejak tahun 2007 sampai 2009 KLH (Kelompok Tani Hutan) Bina Usaha sudah melakukan penanaman satu juta pohon mangrove di lahan bekas tambak terlantar seluas 100 hektar yang dibeli dari warga Desa Pangkalansiata, Kecamatan Pangkalansusu, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.
Wisata mangrove ? Kenapa tidak ! (Foto Telukharunews)
Menurut Kepala KTH “Bina Usaha”, di atas seluas 65 hektar sudah tumbuh dengan subur pohon mangrove berusia 5 tahun yang ditanam pada tahun 2007 kini sudah mencapai ketinggian rata-rata sekitar 5 meter. Sedangkan yang berusia sekitar 3 tahun sudah mecapai ketinggian 2 sampai 3 meter.
Lahan bekas tambak terlantar sudah berubah jadi hutan mangrove
(Foto Telukharunews)
Apa yang dilakukan peraih sertifikat dan plakat Kalpataru 2010 dari Bupati Langkat, H.Ngogesa Sitepu, SH telah menyebabkan Dinas Hutan dan Perkebunan Kabupaten Langkat untuk mengikutsertakan KTH “Bina Usaha” Pangkalansusu sebagai peserta Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam Tingkat Nasional Tahun 2012 di Jakarta.

Ika Herawai, S.Hut
Mejawab pertanyaan Telukharunews, Kepala Seksi Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial Dishutbun Langkat, Ika Herawati, S.Hut mengatakan, apa yang telah dilakukan mereka sudah pantas untuk diikutsertakan pada Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam Tingkat Nasional Tahun 2012.

“ Kami sudah melakukan kunjungan penilaian langsung ke kebun mangrove seluas sekitar 100 hektar yang dikelola Kelompok Tani Hutan Bina Usaha di Desa Pangkalansiata, Kecamatan Pangkalansusu, Kabupaten Langkat,“ ujar Ika.  

No comments:

Post a Comment