Thursday 28 June 2012

Mobil Listrik Nasional Resmi Diluncurkan


Mobil Listrik Nasional yang baru diluncurkan (Foto Esdm)

JAKARTA (Telukharunews) – Bersamaan dengan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-17, Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia (LIPI) berkolaborasi bersama dengan Badan Penelitian dan Pengkajian Teknik (BPPT) meluncurkan mobil listrik pertama di Indonesia. Hadir dalam acara peluncuran, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Wamen Kementerian ESDM Rudi Rubiandini, Kepala LIPI Lukman Hakim, dan Kepala Badan Informasi Geospasial Asep Karsidi. Selasa (26/6/2012).

"Ini tinggal satu tahap masuk prototipe industri, kalau secara sistem ini tidak ada bedanya dengan yang kita konversi karena itu sudah dua tahun kita uji dan tidak ada masalah. Tapi kami yakin bila diproduksi secara massal dengan acuan yang sama untuk kendaraan konvensional misal jumlah dan kapasitas produksi 10 ribu, kami yakin kendaraan ini bisa kompetitif," ujar Kepala Bidang Peralatan dan Transportasi LIPI, Abdul Avid.

Meski masih dalam tahap prototipe, namun kendaraan tersebut sudah siap diproduksi secara massal, kendaraan ini tinggal memasuki satu tahap akhir untuk diproduksi secara massal. Selain dirinya juga optimistis kendaraan listrik tersebut mampu bersaing dengan kendaraan konvensional, lanjut Avid.

Avid menambahkan, Bus listrik yang dibuat Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika LIPI ini mampu melaju sejauh 150 km dengan kecepatan maksimal mencapai 100km/ jam dengan sekali pengisian 500 ampere. Mobil listrik ini menggunakan baterai Lithium LifeP04. Kendaraan listrik ini diklaim mampu menurunkan biaya operasional lebih dari 50 persen. Bus ini juga dapat menurunkan biaya perawatan hingga 70 persen.

Rangkaian peluncuran ditutup dengan Fun Drive Mobil Listrik Nasional dengan membawa rombongan Menristek, Wamen ESDM dan rombongan wartawan. Rute yang dpilih yakni dari Gedung BPPT, menuju Monas, dan kembali ke BPPT. (esdm)

No comments:

Post a Comment