Friday 13 July 2012

PLTP Sarulla Ditargetkan Mulai Dibangun 2013


Ilustrasi (Foto PGE)

JAKARTA (Telukharunews) - Pemerintah menargetkan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Sarulla di Tapanuli, Sumatera Utara bisa mulai dibangun tahun depan. Demikian disampaikan Menteri ESDM Jero Wacik usai meresmikan PLTU-Biomassa di Medan, Senin (9/7/2012).

"Surat keputusan bersama menteri sudah siap tahun ini harus tanda tangan supaya tahun depan bisa dimulai proyek Sarulla," ujar Jero Wacik.

Jero Wacik menyampaikan, pengembangan PLTP tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mengoptimalisasikan pengembangan pembangkit listrik berbasis panas bumi apalagi dalam proyek percepatan 10.000 Megawatt (MW) tahap kedua panas bumi memiliki porsi yang besar.

"Bila pada proyek percepatan 10.000 MW tahap I bahan bakar didominasi batubara, untuk tahap kedua ini prosentase pembangkit listrik berbasis panas bumi,  disusul air," ungkapnya.

Saat ini, besaran tarif untuk listrik panas bumi diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 2 Tahun 2011 tentang penugasan kepada PT PLN (Persero) untuk melakukan pembelian listrik dari PLTP dan harga patokan pembelian tenaga listrik oleh PLN dari PLTP. Dalam pasal 2 aturan ini disebutkan, harga patokan tertinggi untuk listrik panas bumi ditentukan sebesar US$ 9,7 sen per kilowatt hour (kWh).

PLTP yang dibangun di wilayah Jawa memang bisa menghasilkan listrik dengan harga di bawah US$ 9,7 sen/kWh. Misalnya, harga listrik di PLTP Tampomas di Jawa Barat sebesar US$ 6,6 sen/kWh, PLTP Tangkuban Perahu US$ 5,9 sen/kWh, dan PLTP Ungaran US$ 8,09 sen/kWh. Sementara untuk PLTP Jailolo di Maluku Utara harga listrik panas bumi mencapai US$ 19,1 sen/kWh, dan di PLTP Jaboi, Aceh sebesar US$ 18,9 sen/kWh.

Hingga saat ini, kapasitas terpasang pembangkit panas bumi sampai pertengahan 2012 ini baru 1.226 MW. Padahal, potensi energi jenis ini di Indonesia mencapai 29.000 MW.

Sebagai negara dengan potensi panas bumi terbesar didunia yang tersebar di 276 titik atau 40 persen dari potensi panasbumi dunia, Indonesia sangat berkesempatan untuk memenuhi kebutuhan energinya dengan panas bumi. (THNews/esdm)


No comments:

Post a Comment