Saturday 28 July 2012

BADAI SAOLA DIPERKIRAKAN AKAN MENERJANG TAIWAN


Badai Tropis Saola (Foto Telukharunews/GE)

TAIWAN (Telukharunews) - Setelah beberapa hari tenang dari gangguan Topan Guchol dan Vicente, kini di kawasan Asia-Pasifik muncul pula badai tropis baru yang bernama Saola yang terbentuk di Samudera Pasifik Barat sekitar 1.060 kilometer tenggara ujung selatan Taiwan, bergerak dengan kecepatan 14 km per jam ke arah utara-barat laut, Sabtu (28/7) pagi.

Pusat Bersama Peringatan Topan (JTWC) menyebutkan bahwa Badai Tropis yang berada sekitar 265 mil laut sebelah timur Manila, Filipina, bergerak ke Baratdaya sekitar 14mph. Saola saat ini memiliki maksimum kecepatan angin 1 menit 35kts, atau sekitar 40mph. Badai ini telah menimbulkan hujan deras dan banjir di beberapa daerah di Filipina.

Luas bentangan Saola 2.616,16 km dari timur ke barat, dan 1.820,78 km dari utara ke selatan  (Teks&foto Telukharunews/GE)
Para pakar Topan di JTWC (Joint Typhoon Warning Center) menyebutkan, badai kesembilan tahun 2012 menyebabkan kecepatan angin 65 km per jam, dengan hembusan yang mencapai 90 kilometer per jam.

Menurut prakiraan mereka, badai Saola yang secara bertahap bergerak menuju Selat Bashi antara Filipina dan Taiwan, wilayah pesisir di selatan Taiwan dapat menimbulkan gelombang tinggi dalam beberapa hari ke depan. Diperkirakan Badai Saola akan memperkuat kekuatannya 75kts sebelum mendarat di Taiwan. (sumber CNA&Wunderground.com)

No comments:

Post a Comment