Monday 2 July 2012

Pertamina Incar Dua Lapangan Minyak Irak


Karen Agustiawan

JAKARTA (Telukharunews) - PT Pertamina (Persero) berencana mengakuisisi dua lapangan minyak raksasa di Irak. Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan mengungkapkan, pihaknya sedang mendekati pengelola lima lapangan minyak di Irak.

“Ada dua lapangan besar yang menjadi target kami, yaitu yang potensi total produksinya 2,5 juta barel per hari dan 1,8 juta barel per hari,” ujar Karen usai penandatanganan MoU di bidang energi antara Indonesia-Irak di Jakarta, Rabu (27/6/2012).

Menurutnya, porsi akuisisi yang diinginkan Pertamina hanya sebesar 10 persen. Karen menyatakan, bila kedua lapangan minyak itu diakuisisi sebesar 10 persen, maka akan ada tambahan produksi sekitar 430 ribu barel per hari.

"Pertamina sudah menyampaikan niat tersebut kepada pemerintah Irak dan mereka menyambut baik niat ini dan menganjurkan Pertamina untuk melakukan pembicaraan B to B kepada operator blok terkait," ujarnya.

Ia menjelaskan, apabila dalam pembicaraan B to B telah tercapai kesepakatan, maka akan diatur lebih rinci sistem dan cara divestasinya sesuai anjuran dan izin dari pemerintah Irak.

Bahkan, ujar Karen, Pertamina sudah melakukan pembicaraan dengan operator di lima lapangan itu, Exxon, BP, Shell, Lup Oil, ENI.

"Bila bisa masuk ke lima-lima nya kita masuk ke lima-limanya," pungkas Karen. (esdm)

No comments:

Post a Comment