Wednesday 18 July 2012

INDONESIA SlAP MENINGKATKAN PEMANFAATAN ENERGI BERSIH DAN TERBARUKAN

JAKARTA (Telukharunews) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, pada hari Selasa (17/7), mendampingi Bapak Wakil Presiden RI DR. Budiono pada pembukaan Indonesia EBTKE CONEX 2012 Conference & Exhibition di Jakarta International Convention Centre (JICC).
Kementerian ESDM dalam siaran persnya pada 17 Juli 2012 menyebutkan, penyelenggaraan Indonesia EBTKE Conex 2012 yang berlangsung pada tanggal17 s.d. 19 Juli 2012 ini bertujuan untuk mengetahui status pengembangan dan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) nasional saat ini, dan memperoleh masukan-masukan prod.uktif dari para pemangku kepentingan dalam mencapai sasaran nasional tentang pemanfaatan EBT di masa yang akan datang.

Perhelatan besar nasional pertama yang diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM ini menggandeng Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam bidang EBT.

Indonesia memang memiliki sumber-sumber energi fosil, tetapi jumlah total cadangannya tidakiah melimpah dibanding dengan negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Rusia, Arab Saudi, Cina dan negara-negara di sekitar Teluk Arabia. Sementara kebutuhan energi terutama minyak bumi dibutuhkan untuk pembangunan nasional dalam jumlah yang cukup besar, sehingga Pemerintah terpaksa harus mengimpornya dari negara-negara lain untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

Dengan makin menipisnya cadangan energi fosil dan kenyataan yang harus kita terima bahwa pemakaian energi fosil telah menjadi salah satu penyebab terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim, maka sudah saatnya kita harus menggalakkan pengembangan dan pemanfaatan Energi Terbarukan yang kita miliki dan melimpah itu. Indonesia memiliki potensi dan cadangan Energi Terbarukan yang besar, seperti tenaga matahari, panas bumi, dan air, termasuk lautan.

Sumber-sumber energi tersebut dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan tenaga listrik. Disamping itu Indonesia juga berpotensi menjadi salah satu produsen Energi Nabati (Bioenergy) terbesar di dunia berkat tersedianya lahan yang cukup luas dan jenis-jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku minyak nabati. Sebagai produsen minyak sawit terbesar di dunia, Indonesia akan mampu menghasilkan biodiesel dan bio-etanol, yang dapat menggantikan atau mengurangi ketergantungan dari Bahan Bakar Minyak dimasa yang akan datang.

Untuk itu Pemerintah, melalui Peraturan Presiden Nomor 05 tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN) telah menetapkan target pemanfaatan Energi Bersih dan Terbarukan (EBT) sebesar 17% dari total Bauran Energi Nasional (BEN) pada tahun 2025.Target ini akan diperbaharui melalui penetapan Kebijakan Energi Nasional ( KEN) yang telah disiapkan oleh Dewan Energi Nasional (DEN) dengan jumlah target pemanfaatan EBT ditetapkan sebesar 25% dari jumlah BEN di tahun 2025.

Pemerintah melalui Kementerian ESDM mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang diperlukan untuk lebih meningkatkan pengembangan dan pemanfaatan EBT dalam rangka mencapai sasaran nasional.

Kebijakan krusial yang sangat dinanti-nanti oleh para pelaku bisnis EBT nasional menyangkut penetapan harga EBT telah dikeluarkan. Kebijakan harga EBT yang sering disebut Feed in Tariff ( FIT) untuk biomasa sudah dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Peraturan Menteri ESDM Nomor 04 tahun 2012 tentang Harga Pembelian Tenaga Listrik oleh PT. PLN (Persero) dari Pembangkit Tenaga Listrik yang Menggunakan Energi Terbarukan Skala Kecil dan Menengah atau Kelebihan Tenaga Listrik.

Indonesia EBTKE Conex 2012 juga menggelar beberapa kegiatan terkait dengan EBT. Kegiatan itu antara lain berupa pameran, Lomba Karya Tulis Tentang EBT yang diikuti oleh para siswa sekolah, mahasiswa dan masyarakat umum, dan sebuah Forum Bisnis. Pameran ini juga diharapkan dapat memberikan informasi kepada publik tentang manfaat strategis dan prospek pengembangan EBT nasional di masa mendatang. Pameran yang dikuti oleh lebih dari 75 perusahaan nasional dan internasional di bidang EBT ini memamerkan prod uk-produk dan pencapaian-pencapaian masing-masing dibidang pengembangan EBT.

No comments:

Post a Comment