Wednesday 24 April 2013

MENGENAL SUISEKI, BATU SERIBUSATU PESONA

Oleh: Freddy Ilhamsyah PA
596a
Pangantar

Walaupun para pakar dan pecinta Suiseki telah menyelenggarakan berbagai kegiatan pameran diantaranya yang disertakan dalam “Asia Pasific Bonsai Convention & Exhibition 1991” di Bali pada 22 Juni 1991, juga di Jakarta dan Medan, namun penulis yakin bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu SUISEKI yang penulis sebut sebagai Batu Seribu Satu Pesona.

Atas dasar itu, penulis merasa terpanggil untuk menyebarluaskan informasi pengenalan mengenai Suiseki, dengan harapan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.
598
Berdasarkan hasil pengamatan penulis sejak belasan tahun lalu, dapat diketahui bahwa batu Suiseki sebenarnya banyak terdapat di sekitar lingkungan hidup kita. Tetapi karena Anda belum mengetahui secara mendetail tentang Suiseki, maka Anda tidak tahu bahwa sebenarnya di seputaran kaki Anda ada harta karun yang tidak ternilai harga, khususnya bagi Anda yang gemar bepergian ke sungai-sungai, tepi pantai yang berbatu ataupun ke perbukitan dan pegunungan.

Untuk mengetahui secara ringkas mengenai Suiseki, silahkan Anda meneruskan membaca tulisan ini lebih lanjut, dan semoga ada manfaatnya bagi Anda.
597a
Gebrakan Awal

Seni Suiseki yang awal pengenalannya di daratan Asia Tengah (Cina) kini telah merebak ke Jepang bahkan sampai ke Indonesia. Adalah H.Ismail Saleh, SH (mantan Menteri Kehakiman) dkk yang tergabung di PPSI (Persatuan Pecinta Suiseki Indonesia) atau dulu bernama PPBI (Persatuan Pecinta Bonsai Indonesia).

Menurut catatan sejarah, Suiseki sudah dikenal sejak 1.500 tahun lalu di Tiongkok, yaitu sekitar tahun 618 sampai 907 pada masa kerajaan Dinasti Tang dan Sung. Ketika itu Suiseki dikenal dengan sebutan Shang-Sek atau Yah-Sek. Artinya, batu yang dapat dinikmati keindahannya dalam jenis dan arti yang lebih luas. Nama Suiseki berasal dari akar kata Sui-Sek dalam bahasa Cina, yang berarti batu yang terkikis atau diukir oleh air berjuta tahun lamanya.
602a
Konon, sekitar 3.000 tahun yang lalu alkisah ada seorang rakyat biasa negeri Song menemukan sepotong batu. Karena percaya itu sangat bernilai maka batu tersebut disimpan baik-baik. Tamu-tamu yang berkunjung mengamati batu tersebut dan mulai menyenanginya. Pada awal Dinasti Tang (20 abad S.M) kegemaran terhadap batu alam yang terukir secara alami itu mulai digemari oleh masyarakat di Tiongkok.
DSC01920a
Menurut para pakar, keunikan Suiseki yang dipopulerkan oleh Jepang, ialah bila dipandang dari jarak jauh akan memancarkan keindahan bentuk artistik. Tetapi bila dipandang dari dekat, Anda dapat menikmati mutu dan kualitas batu, keindahan serat alur dan tekstur yang alami. Selain itu Suiseki juga merupakan suatu hasil hasil karya alam yang teramat unik. Ini dapat dilihat dari tekstur dan serat alur permukaan batu yang terukir oleh proses erosi alam dan waktu melalui suatu maha karya yang terbentuk secara misterius akibat proses alam berjuta tahun lamanya.

[caption id="attachment_942" align="alignnone" width="720"]Suiseki Jon Hendri-4 Koleksi Jon Hendri no hp 082285459333[/caption]

Dari ungkapan tersebut di atas, maka dapat ditarik satu kesimpulan bahwa pada dasarnya Suiseki terbagi dalam dua kelompok atau spesifikasi, yaitu :
591
I. Indah karena ungkapan dan imajinasi

Pemandangan alam:
Misalnya pemandangan pegunungan dll.

Abstrak :
Bebatuan yang bentuknya mampu menimbulkan berbagai imajinasi (daya khayal) atau keindahan dalam bentuk dan gambar abstrak yang ada di bebatuan tersebut.

Simbolik:
Bebatuan yang bentuknya menyerupai berbagai bentuk benda tertentu. Misalnya seperti lumpang, mangkuk, binatang dan sebagainya.
594
II. Keindahan yang terpancar dari batu

Keindahan warna:
Artinya ialah lebih mengutamakan penampilan unsur warnanya yang indah secara alami.

Serak alur:
Bebatuan yang memiliki serat dan alur yang terukir secara alami dengan gaya artistik yang indah.

Fosil:
Jenis ini lebih mengutamakan/terfokus pada bebatuan yang secara utuh atau sebagian menggambarkan tapak keindahan alam purbakala, seperti burung purba, serangga purba, ikan purba, tumbuhan purba dan lain-lain. Jenis ini pada umumnya banyak terdapat di benua Australia, Amerika Latin dan Cina.
584a
Sementara itu, kekerasan Suiseki yang dinilai memenuhi persyaratan seperti ketentuan yang telah disepakati oleh para pakar Suiseki Internasional ialah di atas 4,5 skala Mohns. Sedangkan kriteria keindahan yang digunakan ialah: Balance (keseimbangan), Rhythm (ritme), Contrast (kontras), Harmony (harmonis), dan Unity (keutuhan).
592a
Seni merangkai Suiseki

Selain batu Suiseki yang berbentuk asli, alami, utuh dan senyawa, masih banyak lagi macam ragamnya jenis Suiseki yang telah ditampilkan serta dikembangkan seperti hanya pengembangan dari gaya dasar yang terdapat pada seni merangkai Bonsai. Salah satu contohnya dapat dilihat pada beberapa gambar dalam tulisan ini. Foto-foto tersebut memperlihatkan hasil rangkaian penulis dari dua batu yang berbeda sehingga terlihat sebagai anak elang. Itu menurut imajinasi penulis.
DSC01914
Bila Anda kurang cermat mengamati foto tersebut, maka Anda akan beranggapan Suiseki anak elang itu merupakan batu Suiseki utuh. Padahal, batas leher ke atas batunya beda dengan bentuk badannya.

[caption id="attachment_939" align="aligncenter" width="476"]Suiseki Jon Hendri Koleksi Jon Hendri untuk dijual No HP sms/wa: 082285459333.[/caption]

Suiseki Jon Hendri-2a
Rangkaian Suiseki anak elang itu penulis temukan di galian C (sirtu) di Dusun Janggus, Desa Lubuk Kertang, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara puluhan tahun lalu (1979).
586
Mungkin karena memang sudah jodohnya, kedua batu tersebut akhirnya bisa manunggal jadi seperti sesosok anak burung elang yang sudah jadi milik Ir.Iskandar Kasim (dulu Kaur. Perso Pertamina EP Pusat di Jakarta).

Beberapa petunjuk untuk merangkai Suiseki

Yang perlu diperhatikan dalam hal merangkai Suiseki ialah, bahwa batu yang akan dirangkai harus bentuk asli. Artinya, tidak boleh diukir/dipahat untuk memperoleh bentuk-bentuk yang diinginkan. Selain itu, bebatuan tersebut tidak boleh diberi zat pewarna, resin ataupun disemir. Biarkan semuanya dalam bentuk asli.

[caption id="attachment_940" align="aligncenter" width="532"]Suiseki Jon Hendri-5ad on sale/dijual. Hubungi  melalui sms/wa: 082285459333[/caption]

Oleh sebab itu, untuk menjadi seorang perangkai Suiseki Anda dituntut harus mempunyai daya imajinasi yang tinggi. Hal ini dimaksudkan agar kreasi Anda bisa membentuk rangkaian Suiseki yang bermutu dan artistik.
593
Murah tapi Mahal

Aneh bukan ? Memang begitulah kenyataanya bahwa batu Suiseki itu nilai bisa murah, tapi juga bisa mencapai ratusan juta rupiah harganya. Ini tentunya terpulang kepada para penggemarnya mau menilai berapa.
Batu unik-

[caption id="attachment_828" align="aligncenter" width="416"]Bagi Anda yang berminat dengan batu Suiseki di atas silahkan berhubungan dengan sdr. Rusnaidi HP 0852 7735 7070 Bagi Anda yang berminat dengan batu Suiseki di atas silahkan berhubungan dengan sdr. Rusnaidi HP 0852 7735 7070[/caption]

Seperti juga dengan burung perkutut atau batu akik. Bagi mereka yang bukan penggemarnya, dijual murahpun mereka pasti tidak mau membelinya. Beda dengan para “penggila” nya. Berapapun nilainya, apabila mereka sudah “sreg” alias suka, berapapun nilai atau harga yang Anda tawarkan, pasti mereka beli.
588a
Sejak penulis promosikan mengenai Suiseki di Koran tempat penulis bekerja (Harian Bukit Barisan – Medan), Suiseki yang penulis sebut sebagai “Batu Seribusatu Pesona” merupakan bongkahan kerakal bebatuan atau batu gunung dan batu sungai yang tadinya tidak bernilai jual di wilayah penulis, jadi banyak diburu oleh para pemburu Suiseki dan batu akik dari luar daerah Langkat, sehingga batu-batu unik itupun mulai langka di daerah penulis.

Lokasi perburuan Suiseki

Bagi Anda yang ingin memburu atau berburu bebatuan jenis Suiseki sebenarnya tidak terlampau sulit. Syarat utamanya adalah, terlebih dahulu Anda mengenai bagaimana bentuk dan jenis bebatuan yang masuk dalam kategori Suiseki seperti yang telah penulis uraikan di atas.

Setelah itu, Anda masih dituntut untuk mengetahui daerah-daerah yang berpotensi mengandung bahan bebatuan yang dapat dijadikan Suiseki. Tentunya Anda harus pasang telinga yang tajam untuk mendapatkan informasi, di mana lokasi perburuan Suiseki itu berada.
589
Sebagai panduan untuk Anda, di bawah ini penulis jelaskan lokasi-lokasi yang diduga keras memiliki tambang bebatuan Suiseki, yaitu di Pulau Jawa ada di kawasan Sukabumi, Kuningan, Muntilan, Ciomas, Batu Kuwung, Pandeglang, Rangkas Bitung, dan Banten pada umumnya.
590a
Di Pulau Sumatera, ada di kawasan Jambi, Sarolangun, Ogan Komering, Baturaja, Lampung, Singkarak, Kerinci, Bukit Tinggi, Padang Pariaman, Sijunjung, Kota Nopan, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, Pahae, Tarutung, Prapat, Sembahe, Sibolangit, Pancurbatu, Kabanjahe, Branstagi, Saribudolok, Patumbak, Bahorok, Bukitlawang, sungai-sungai di kawasan Gunung Leuser, Pantai Buaya, Sawit Sebrang, Padang Tualang, Brandan Barat (Lubuk Kertang/Janggus), Parit Pamunggahan, Krueng Geukueh, Krueng Mane, dan sungai-sungai di celah-celah Gunung Seulawah.
599
Sebagai info tambahan, pada umumnya Suiseki bisa ditemukan di kawasan pegunungan yang banyak sungai, pebukitan, pantai laut yang berbatu dan tanah datar tempat galian sirtu seperti di Janggus.

Penutup

Sejak beberapa puluh tahun lalu, hampir setiap hari para pemburu batu akik juga Suiseki menjelahi setiap jengkal lahan galian sirtu di Dusun Janggus, Desa Lubuk Kertang (Paluh Tabuhan), Kecamatan Brandan Barat di Langkat termasuk di kawasan anak-anak sungai dibilangan Sawit Sebrang yang masih termasuk kawasan Kabupaten Langkat didatangi orang.
DSC01923
Menyinggung tentang jumlah temuan para pemburu tersebut, itu tergantung kejelian Anda untuk mencarinya ditambah sejauh mana pengetahuan Anda mengenal jenis bebatuan yang akan Anda buru. Namun yang jelas, daerah-daerah yang penulisa sebutkan di atas adalah merupakan daerah pemburuan yang baik dan ideal. Sebab, pada umumnya beberapa kawasan tersebut masih belum terjamah oleh para pemburu. Mengingat medan yang sulit ditempuh kendaraan bermotor (mobil maupun sepeda motor).

caties1

[caption id="attachment_924" align="aligncenter" width="600"]Suiseki-4 Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)[/caption]

[caption id="attachment_925" align="aligncenter" width="600"]Suiseki-5 Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)[/caption]

[caption id="attachment_926" align="aligncenter" width="600"]Suiseki-6 Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)[/caption]

[caption id="attachment_927" align="aligncenter" width="600"]Suiseki-7 Koleki Jon Hendri (on sale/dijual)[/caption]

[caption id="attachment_928" align="aligncenter" width="600"]Suiseki-8 Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)[/caption]

[caption id="attachment_931" align="aligncenter" width="600"]Suiseki-11 Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)[/caption]

[caption id="attachment_930" align="aligncenter" width="600"]Suiseki-10 Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)[/caption]

[caption id="attachment_932" align="aligncenter" width="600"]Suiseki-12 Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)[/caption]

[caption id="attachment_933" align="aligncenter" width="528"]Suiseki Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)[/caption]

[caption id="attachment_936" align="aligncenter" width="600"]Suiseki-3 Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)[/caption]

[caption id="attachment_934" align="aligncenter" width="528"]Suiseki-1 Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)[/caption]

[caption id="attachment_935" align="aligncenter" width="528"]Suiseki-2 Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)[/caption]

12 Suiseki asli Indonesia tersebut di atas adalah milik Jon Hendri yang akan dijual kepada para peminat atau kolektor Suiseki dimanapun Anda berada.

[caption id="attachment_944" align="aligncenter" width="496"]Mirip patung Dewi Kwan Im Mirip patung Dewi Kwan Im. Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual) [/caption]

Menurut pengakuan Jon kepada penulis, Suiseki hasil buruannya sudah banyak terjual dan dibeli oleh para kolektor Suiseki dalam negeri dan luar negeri seperti Korea, Taiwan dan Jepang. Proses penjualannya dilakukan secara online ataupun dapat membelinya secara langsung ke tempat kediaman Jon Hendri. Kualitas terjamin baik dan harga berdamai.

[caption id="attachment_941" align="aligncenter" width="720"]Suiseki Jon Hendri-6 Koleksi Jon Hendri untuk dijual hubungi nomor HP di bawah ini[/caption]

Bagi Anda kolektor Suiseki yang berminat untuk mengoleksi Suiseki dapat menghubungi langsung sdra. Jon Hendri, melalui sms/wa: 082285459333. Jon juga ada di Facebook Jhon suiseki.

Alamat rumah Jon Hendri di Simpang Taratak, Jorong Koto Panjang, Nagari Limo Koto, Kecamatan Koto V11, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

31 comments:

  1. pak adakah tempat untuk mengetahui suiseki itu bagus atau tidaknya?lembaga yang mengeluarkan sertifikat untuk suiseki.

    ReplyDelete
  2. Waduh......saya kurang tau persis, Lembaga mana yg bisa mengeluarkan sertifikat utk Suiseki. Coba hubungi PPBI (Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia). Cari alamat Sekretariatnya di Google.

    ReplyDelete
  3. info buat kawan2 penggemar suiseki silahkan berburu di kepulauan natuna dan anambas menakjubkan saya yakin....

    ReplyDelete
  4. Info yang bagus. Trims Yendra Heryanto

    ReplyDelete
  5. bang koleksinya dijual kah ?

    ReplyDelete
  6. pak, kapan ada pameran di LANGKAT dan MEDAN SEKITARNYA

    ReplyDelete
  7. risyad nurhadi5 March 2014 at 12:58

    Terimakasih atas infonya, bpk punya info tentang kolektor yang mau membeli suiseki dengan harga tinggi?baik dalam negeri maupun luarnegeri. Saya punya batu suiseki yang bentuknya seperti kepunyaan wanita. Tanpa pahatan sedikitpun,jika bpk bisa membantu tentu ada persenan jika laku terjual. Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Waduh.....saya belum tau mengenai itu.

    ReplyDelete
  9. Kalau kolesi milik saya tidak dijual, tapi kalau milik pak Yetno, mungkin dijual. Coba hubungi yg bersangkutan sesuai no. HP terlampir.

    ReplyDelete
  10. saya mempunyai banyak batu suiseki.... contk person... 08123784407, mksih....

    ReplyDelete
  11. Ok, info dan nomor kontak (HP) Anda saya tampilkan di blog ini. Siapa tau nanti ada yang berminat.

    ReplyDelete
  12. Terimakasih info ni sgt membantu kebetulan saya penghobi pemula pak.. Ijinkan saya bertanya, untuk ukuran besar-kecil ataupun panjang-lebarnya apakah ad ketentuanny pak Freddy?

    ReplyDelete
  13. kalau proses suiseki itu boleh dipoles gak ya

    ReplyDelete
  14. saya punya banyak koleksi batu suiseki, barangkali ada kolektor daerah palembang, dan seindonesia yang minat biisa hub. 087821414997..
    terimakasih

    ReplyDelete
  15. Saya Punya 30an koleksi suiseki dan biseki, silahkan yg berminat kontak saya 081915560668 terima kasih

    ReplyDelete
  16. Hello pak Freddy,

    Apakah batu ini http://s.kaskus.id/images/2014/11/24/277011_20141124123748.jpg bisa masuk kriteria dalam Suiseki?

    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  17. banyak saya abadi halawa sekarang tinggal di Gunungsitoli Nias. Saya penggemar bonsai dan batu-batu yang bentuknya unik. saya mau tahu lebih banyak tentang suiseki. seperti ukuran suiseki, jenis batuan yang dapat disebut sebagai suiseki. apa batu yang selama ini dipakai sebagai aksesoris bonsai dapat disebut sebagai suiki. trims banyak.

    ReplyDelete
  18. Abadi Halawa, masalah Suiseki yang merupakan batu unik yang penuh pesona abstrak itu tidak ditentukan oleh ukurannya (kecil/besar), tapi keunikan bentuknya. Demikian sekilas info tambahan dari saya.

    ReplyDelete
  19. Saya ada batu Suiseki bongkahan , menyerupai pegunungan, di sebagian sisi nya berwarna kehijauan ,menurut keyakinan beberapa orang katanya itu untuk lambang kemakmuran, saya ga tau juga, karena batu ini warisan dari orang tua....Bila ada yang berminat, bisa menghubungi no : 0882 1327 5595, Hidayat...

    ReplyDelete
  20. saya punya satu batu yang mempunyai gambar yang unik menurut saya, gambarnya seperti orang yang sedang duduk diantara dua sujud saat sholat, tetapi masih belum dirangkai, seperti gambar2 diatas, apakah ini juga dapat digolongkan sebagai suiseki pak?
    sayang fotonya tidak dpt ditampilkan disini.....

    ReplyDelete
  21. kok batu bentuk monyetnya gak ada

    ReplyDelete
  22. Sya ingin coba tawarkan suiseki saya yg berkarakter kuat dan indah tentunya, informasi lebih lanjut dan kirim foto2nya. Silahkan add pin bb saya. 2965fe61 nomer hp.081234757878

    ReplyDelete
  23. Slmt malam pak Freddy,
    Sy baru dapat batu dgn bentuk kepala hewan yg menyatu dgn batu yg datar, asli natural.
    Sy mau share kirim foto nya ke blog ini, tapi maaf blm tau caranya.
    Thx.

    ReplyDelete
  24. Pak Freddy saya baru mngenal seni Suiseki ini, kbetulan saya baru memiliki satu jenis koleksi, klo ada info mengenai seminar atwpun pameran mnta tlg utk di infokan ke 087880922120 / 26d91724

    ReplyDelete
  25. Info buat teman teman pencinta suiseki, ada suiseki asal sulawesi barat, mamuju. Galeri ada di Mall GTC Makassar. Jenis batunya natural chalcedony

    ReplyDelete
  26. Maikel Kurniawan6 February 2016 at 20:54

    Salam kenal,
    Luar biasa pak Freddy ,saya Maikel Kurniawan, sangat....sangat....senang dan suka dengan karya bapak ini( Blog kepunyaan Bapak).Informasi seperti ini sudah lama saya cari-cari, karena saya penggemar batu akik( sejak 2015 sampai sekarang) yg unik dan indah...dan ....sulit diucapkan dgn kata2.Saya sangat terpesona dengan batu_batuan Indonesia tercinta ini pak.Saya bersyukur sekali,saat ini telah menemui blog kepunyaan bapak, dan berterimakasih sekali bila diperkenankan berkenalan dgn bapak.Sementara sampai disini dahulu ya pak,lain kali disambung lagi.Terima kasih.Salam kenal dan salam hangat buat bapak serta keluarga.

    ReplyDelete
  27. pak,..mau nanya,tempat suiseki di Jakarta dimana ya pak?makasih

    ReplyDelete
  28. om mau nanya,klo pengrajin suiseki di Jakarta,dimana ya om...mohon pencerahannya,terima kasih

    ReplyDelete
  29. Terima kasih dan salam kenal kembali.

    ReplyDelete
  30. Wah........... kalau penjual suiseki di Jakarta saya kurang tau. Tetapi kalau memang berminat Anda dapat berhubungan langsung dengan sang “pemburu” Suiseki yang sudah menjual hasil bruruannya ke Korea, Taiwan dan Jepang.

    Ini nama, nomor kontak dan alamatnya. Jon Hendri, FB. Jhon suiseki sms/wa: 082285459333. Alamat Simpang Taratak, Jorong Koto Panjang, Nagari Limo Koto, Kecamatan Koto V11, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Kualitas terjamin dan harga berdamai.

    ReplyDelete
  31. Wawh,,, jadi pingin berburu batu di alam

    ReplyDelete