Sunday 21 April 2013

16 Gempa Menggoyang Provinsi Sichuan, Cina


102 orang tewas dan ribuan lainnya menderita luka
16 gempa berkekuatan 4,4 SR sampai 6,6 SR goyang Sichuan. Foto Telukharunews/GE 

BEIJING - Berawal dari gempa berkekuatan 6,6 pada Skala Richter di kordinat 30,284 ° Lintang Utara, 102,956 ° Bujur Timur di kedalaman 12,3 km (7,6 mil) yang terjadi pada Sabtu, 20 April 2013 pada pukul 00:02:47 UTC atau pukul 08:02:47 waktu setempat beada di sebelah barat Sichuan, Cina.

Gempa yang menggegerkan warga setempat berjarak  52 km (32 mil) Baratdaya dari Linqiong atau 97 km (60 mil) dari Timur Kangding, 115 km (71 mil) sebelah Baratlaut dari Leshan, dan 116 km (72 mil) Baratdaya dari Chengdu, Cina yang kemudian muncul 15 gempa susul berkekuatan 4,4 sampai 5,1 SR telah membuat Warga yang panik berhamburan ke jalanan.

Kantor berita Xinhua melaporkan, sebanyak 6 ribu tentara dan polisi diterjunkan ke lokasi bencana untuk membantu para korban.

Korban tewas akibat gempa bumi yang melanda provinsi Sichuan, China terus bertambah. Sejauh ini dilaporkan sedikitnya 102 orang tewas, sebagian besar korban berasal kota Ya'an, distrik Lushan dan sekitar 3 ribu orang lainnya luka-luka akibat gempa bumi yang beruntun. Data tersebut disampaikan oleh media setempat CCTV, yang mengutip Badan Urusan Gempa Bumi China. Sedangkan pemerintah Sichuan melaporkan, sedikitnya 10 rumah warga hancur akibat gempa ini.

Gempa bumi yang tergolong besar itu berpusat pada kedalaman yang cukup dangkal, yakni 12 km dari permukaan laut, sehingga memicu kerusakan yang cukup fatal. Banyak bangunan di wilayah Sichuan yang dilaporkan hancur akibat gempa ini.

Badan seismologi setempat mencatat, gempa bumi ini berkekuatan 7 SR. Sedangkan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa ini berkekuatan 6,6 SR. Yang mengkhawatirkan warga setempat, gempa ini diikuti dengan gempa susulan yang dilaporkan terjadi sebanyak 15 kali.

Warga yang panik pun tampak berlarian ke jalanan. Bahkan beberapa masih mengenakan piyama tidur mereka. Getaran gempa ini dirasakan hingga ke wilayah Chongqing, yang berjarak ratusan kilometer dari Sichuan. Warga setempat menuturkan, gempa ini mengguncang barang-barang yang ada di kediaman mereka dan membuat mereka panik berhamburan ke jalan-jalan.

Kantor berita Xinhua melaporkan, sebanyak 6 ribu tentara dan polisi diterjunkan ke lokasi bencana untuk membantu para korban.

Ringkasan Tektonik

Menurut data ringkasan tektonik USGS National Earthquake Information Center, gempa beruntun di provinsi Sichuan, China pada Sabtu 20 April 2013 terjadi sebagai hasil dari timur-barat berorientasi gerak reverse-jenis pada kesalahan mencolok utara- selatan. Sebuah lokasi sumber awal menunjukkan peristiwa kemungkinan terjadi pada kesalahan Longmenshan atau kesalahan tektonik terkait pada kedalaman 12km. Longmenshan kesalahan adalah kesalahan sumber gempa bumi 7,9 SR pada12 Mei 2008 di Sichuan. Awal April, 20 lokasi kejadian berada sekitar 85km dari lokasi hypocentral dari gempa Sichuan 2008. Sedangkan gempa pada 20 April mencerminkan tekanan tektonik akibat konvergensi materi kerak perlahan-lahan bergerak dari Dataran Tinggi Tibet tinggi, ke barat, terhadap kerak kuat yang mendasari Basin Sichuan dan tenggara Cina.

Pada skala benua, kegempaan tengah dan timur Asia adalah hasil dari utara konvergensi lempeng India terhadap lempeng Eurasia dengan kecepatan sekitar 50 mm/tahun. Konvergensi dari dua lempeng secara luas diakomodasi oleh pengangkatan dataran tinggi Asia dan oleh gerakan materi kerak ke timur jauh dari Dataran Tinggi Tibet terangkat.

Empat peristiwa gempa 6,0 SR atau lebih telah terjadi dalam 200 km dari 19 peristiwa April sejak 40 tahun terakhir, termasuk Mei 2008 gempa bumi di Sichuan dan gempa susulan berikutnya. Baratlaut margin Cekungan Sichuan sebelumnya telah mengalami gempa yang merusak. Besarnya gempa 7,5 pada 25 Agustus 1933, menewaskan lebih dari 9.300 orang, sementara 12 Mei 2008 menewaskan 69.197.

No comments:

Post a Comment