Thursday 23 August 2012

Topan Tembin Menyusur Mendekati Taiwan


Typhoon Tembin sudah kuasai lebih dari separoh wilayah Taiwan (Foto THNews/GE)
BEIJING, (Telukharunews) – Otoritas Meteorologi Nasional China pada Kamis (23/8/2012) telah mengeluarkan peringatan tentang Tembin, topan ke-14 tahun ini, karena sudah mendekati tenggara Taiwan.

Siklon kekuatan Tembin diintensifkan menjadi topan yang kuat pukul 7 pagi pada hari Kamis, 310 km sebelah timur laut dari pulau, dan membelok lebih dekat pada 5 sampai 10 km per jam, kata Meteorological China Authority (CMA) dalam posting di situsnya.

Menurut CMA seperti yang disiarkan kantor berita Xinhua, Kamis (23/8), Tembin kemungkinan akan mendarat di tenggara Taiwan atau menyusur pinggiran pesisir pantai antara Kamis malam dan Jumat pagi dengan membawa angin kencang dan hujan lebat ke daerah lintas-selat selama 24 jam ke depan.

Barat Laut Taiwan akan terkena dampak yang paling parah akibat curah hujan diperkirakan akan mencapai 100 hingga 300 mm, sedangkan bagian pesisir daratan di provinsi Guangdong, termasuk, Zhejiang, Fujian, dan Pulau Hainan akan merasakan curah hujan dalam 24 jam ke depan.

Angin kencang juga diperkirakan akan terjadi di daerah lintas-selat, CMA menambahkan.


Sementara itu, Bolaven, badai tropis ke-15 tahun ini, terletak di bagian barat laut Samudera Pasifik pukul 5 pagi Kamis (23/8/2012), 1.800 km sebelah tenggara dari pesisir China Provinsi Zhejiang, menuju barat laut dengan kecepatan 15 sampai 20 km per jam dan  menyebabkan tiupan angin berkecepatan hingga 136,8 km per jam.

Bolaven tidak akan mencapai pantai tenggara Cina dalam dua hari mendatang, kata CMA.


Pada 22 Agustus ini musim badai telah melihat 15 bentuk topan di barat laut Samudera Pasifik dan selatan Laut Cina, enam di antaranya mendarat di Cina, lebih dari dua kali pada tahun 2011 lalu.

Saola, Damrey, Haikui dan Kai-Tak, empat topan yang melanda China pada bulan Agustus, membawa hujan yang kuat di utara negara itu, yang mengalami rekor dalam curahan hujan.

Damrey, topan ke-10 tahun ini, adalah yang terkuat untuk membuat daratan di sebelah utara Sungai Yangtze sejak tahun 1949.

Statistik dari Kementerian Urusan Sipil menunjukkan bahwa topan berturut-turut telah mengakibatkan 51orang tewas, 21 hilang dan 4,10 juta orang mengungsi pada 13 Agustus dan menyebabkan kerugian ekonomi langsung dari 65.570.000.,- yuan atau setara $ 10.360.000.000,- (Xinhua)

STOP PRESS

Hari ini, Kamis (23/8) sebagian besar wilayah Taiwan sdh "dikuasai" Typhoon Tembin, di belakangnya menyusul Typhoon Bolaven yg jauh lbh besar dari Tembin. Kemungkinan Macau n Hongkong bisa terimbas sapuan Bolaven. Lihat foto di atas.

No comments:

Post a Comment