Wednesday 8 August 2012

Topan Haikui sudah mendekati pantai timur China

Awan mengumpul di atas kota sebagai peringatan akan datang topan  di Hangzhou, ibukota Provinsi Zhejiang, China Timur, 6 Agustus 2012. Topan Haikui sudah mendekati Provinsi Zhejiang dan diperkirakan akan mendarat di pertengahan pantai utara Zhejiang Selasa malam atau Rabu pagi. (Foto Xinhua / Han Chuanhao)

Hangzhou (Telukharunews) -  Pusat Meteorologi Nasional (NMC) China menyebutkan, badai tropis dahsyat, Haikui telah menguat menjadi topan pada Senin, ( 6/8/2012) sore saat mendekati pesisir timur provinsi Zhejiang, China.

Sementara secara bertahap dalam memperkuatkan dirinya, Haikui diperkirakan akan mendarat di utara-tengah wilayah Zhejiang pada tengah malam Selasa atau Rabu pagi.

Di belakang Typhoon Haikui tampak pusaran awan yang diduga sebagai cikal bakal badai baru
Lebih dari 130.000 orang telah dievakuasi sejak Minggu dan lebih dari 30.000 kapal berlanuh di pelabuhan untuk menghindari topan.

Zhejiang Electric Power Corporation telah menyiapkan 140 tim perbaikan darurat lebih dari  8.200 orang untuk menjamin pasokan listrik selama badai berlangsung.

Haikui, badai tropis ke kesebelas  yang sudah bergerak sekitar 200 kilometer barat laut dari wilayah selatan Okinawa, Jepang, Minggu, (5/8) pagi, telah membawa hembusan angn kencang dan hujan lebat di beberapa daerah pesisir Zhejiang.

Pada Senin sore, Markas Pengendalian Banjir Provinsi Hangzhou mengingatkan pemerintah daerah untuk memastikan bahwa kapal perikanan semua pekerjaan berada di pelabuhan atau di perairan yang aman.

Sementara Shanghai, provinsi tetangga Hangzhou juga telah mengeluarkan peringatan biru terhadap topan pada hari Senin, (6/8) dan telah mengevakuasi dan merelokasi lebih dari 200.000 orang ke tempat yang aman untuk menghindari risiko yng ditimbulkan oleh Haikui.

Hujan lebat diperkirakan akan melanda banyak daerah di selatan dan timur China dari Minggu sampai Selasa karena Haikui sudah mendekati daratan.

Sementara menurut NMC, badai yang disebabkan oleh topan Damrey dan Saola akan terus mempengaruhi wilayah pantai China. ( sumber : ChinaDaily.com.cn/fi.)


STOP PRESS

Setelah berjalan selama 5 hari menempuh jarak sejauh 1.836,56 km dari Laut Filipina di kordinat 24°10’26,10” Lintang Utara, 140°30’1,53” Bujur Timur (3/8’12 T.13:28 WIB) sampai ke kordinat 28°19’59,02” Lintang Utara, 123°57’47,48” Bujur Timur (8/8’12 T.00:35 WIB) akhirnya Topan (Typhoon) Haikui berhasil melintasi Laut China Timur dan pusarannya sudah berada di perkotaan kawasan timur Daratan China, Rabu (8/8) dini hari.

Dari hasil pantauan Telukharunews melalui fasilitas google earth Rabu, 01:45 WIB terlihat beberapa kota seperti di antaranya, Wenzhou, Canguan, Taizhou, Ninghai, Wenling, Hungyan, Yuhuan, Yiuqing, Fenghua, Ningbo,  Xiang Shan dan kota lainnya.  
telah diselimuti sapuan oleh pusaran awan yang dipasti turut membawa angin kencang dan hujan deras.  

Luas pusaran Typhoon Haikui yang terpantau melalui google earth diperkirakan memiliki lebar sekitar 875,14 km dan panjang mencapai 1.075, 55 km 

No comments:

Post a Comment