Wednesday 22 August 2012

Pusat Biro CuacaTaiwan Keluarkan Peringatan untuk Topan Tembin


Dua Typhoon Memburu Daratan China
Typhoon Tembin dan Typhoon  Bolaven memburu daratan China (Foto THNews/GE)

TAIPEI (Telukharunews/CNA) - Pusat Biro Cuaca Taiwan telah mengeluarkan peringatan kemungkinan terjadinya curah hujan ekstrim dan angin kencang di awal masuknya Topan Tembin beberapa hari ini di Taiwan timur, Rabu (22/8) pagi.

Pada pukul 12 siang waktu setempat, Tembin sudah berada sekitar 330 kilometer sebelah timur dari Taitung, bergerak dengan kecepatan 9 km per jam ke arah barat-barat laut seraya membawa angin berkelanjutan 144 km, dengan hembusan mencapai 180 kph, kata biro itu.

Pusat Biro Cuaca Taiwan menggambarkan struktur Tembin sebagai "padat," dan badai tersebut akan bergerak lebih dekat ke tanah antara Rabu dan Kamis serta dapat menimbulkan ancaman yang cukup serius untuk seluruh pulau (Taiwan) sampai Jumat.

Topan tersebut diperkirakan akan mendarat di timur Taiwan pada hari Kamis dan menghantam daerah tersebut dengan curah hujan yang ekstrim. Sementara hembusan angin berkisar antara 50 dan 90 km bisa dirasakan di daerah itu setelah tengah malam, ungkap sumber itu.

Biro itu memperkirakan bahwa curah hujan akumulasi dari Tembin bisa mencapai sekitar 1.000 milimeter di daerah pegunungan di timur Taiwan.

Daerah dataran rendah di bagian utara dan selatan Taiwan diperkirakan akan diterpa curah hujan 100-400 mm akumulasi dan 300-600 mm.

Sementara itu, Tembin dan Bolaven yang terus mengembangkan diri dan kekuatannya kini berada sekitar 1.500 km terpisah satu dengan yang lainnya. Saat ini tidak ada tanda-tanda bahwa mereka akan berinteraksi satu sama lain, kata biro.

Status Bolaven telah ditingkatkan dari badai tropis menjadi topan pada Rabu pagi (22/8).

Pusat Biro Cuaca Taiwan menyebutkan, tidak tertutup kemungkinan bahwa kedua badai akan bergerak lebih dekat satu sama lainnya dan memperluas dampak Tembin pada Taiwan.

 

Dari pengamatan Telukharunews melalui pencitraan dengan fasilitas Google Earth dapat diketahui bahwa Typhoon Tembin dan Typhoon Bolaven yang tadinya mengarah ke utara kini sudah belok mengarah ke barat (Taiwan). Saat ini jarak pusat pusaran (mata)Tembin ke Taiwan sudah sekitar 298,72 km (298,68 derajat). 

Sementara Bolaven yang merupakan Typhoon mirip gurita raksasa berukuran 1.856,93 km panjang dari utara ke selatan dan lebar 3.007,46 km dari timur ke barat kini sdh berjarak sekitar 1.553,09 km (285,79 derajat) di belakang Tembin. 

Yang sangat dikawatirkan saat ini ialah apabila Bolaven dapat menyusul Tembin dan bergabung menjadi satu, maka kehancuran yang maha dahsyat akan terjadi di daerah2 yang bakal dilalui oleh gabungan kedua Typhoon tersebut.

No comments:

Post a Comment