Monday 13 August 2012

BADAI TROPIS KAI-TAK MUNCUL DI LAUT FILIPINA

Peringatan Laut untuk Badai Tropis Kai-Tak akan dikeluarkan Selasa
Tropical Storm KAI-TAK Last reported position as of 2012-08-13T15:00 Source : RSMC Tokyo - Typhoon Center  (Foto : Telukharunews/GE)

TAIPEI, (Telukharunews)- Sebuah peringatan laut akan dikeluarkan Selasa (14/8) untuk Badai Tropis Kai-Tak, badai tropis ke-13 musim ini, ungkap Pusat Biro Cuaca (CWB) Taiwan, Senin (13/8/2012).

Pada  Senin pukul  8 pagi  waktu setempat, Kai-Tak berada sekitar 980 kilometer sebelah tenggara Eluanbi di ujung selatan Taiwan, di daerah timur pulau Luzon Filipina, kata biro itu.

“ Badai itu bergerak ke arah barat laut dengan kecepatan 12 km per jam dengan radius 100 km, Kai-Tak sedang mengemas angin berkelanjutan 64,8 km per jam, dengan hembusan hingga 90 km per jam,”  kata biro itu.

Jika badai bertahan seperti saat ini, mungkin mulai membawa hujan ke utara dan timur Taiwan Rabu, (15/8) ungkap  pakar meteorologi  CWB.

“Gelombang tinggi diperkirakan akan terjadi di perairan timur Taiwan,” kata mereka.

Sementara menurut China News Agence, CWB (China Weather Biro)  akan mengeluarkan peringatan badai  laut pada Selasa besok.

Badai tropis Kai-Tak diperkirakan akan bergerak ke arah Taiwan, kemungkinan besar CWB juga akan mengeluarkan peringatan badai di darat, ungkap para pengamat cuaca di kawasan itu. (CNA)

No comments:

Post a Comment