Friday 27 September 2013

PT PERTAMINA EP PANGKALANSUSU FIELD SUDAH TANAM 9410 POHON

FM Pertamina EP Pangkalansusu, Dirasani Thaib menyerahkan bibit pohon secara simbolis kepada Sekdes Tanjungjati, Ariana di Aula Kantor Camat Binjai.
LANGKAT, (Telukharunews.com) – PT Pertamina EP Asset 1 Pangkalansusu Field untuk kesekian kalinya telah melakukan penanaman 1000 bibit pohon buah-buahan yang kali ini dilakukan di Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara pada Kamis, 26 September 2013.

Seribu batang pohon itu terdiri dari 500 bibit pohon Mangga dan 500 bibit pohon Jambu Madu yang dibagikan secara merata untuk Desa Sambirejo, Desa Sendangrejo, Desa Tanjungjati dan Desa Sidomulyo. Masing-masing desa mendapatkan 125 pohon manga dan 125 pohon Jambu Madu.

Ini merupakan pohon buah-buahan ke 9410 yang telah ditanam oleh Pertamina EP baik di lingkungan kompleks Pertamina EP Pangkalansusu maupun bekerjasama dengan warga masyarakat yang berdomisili di wilayah operasi perusahaan, yaitu di Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Langkat, dan Kota Binjai.

Field Manager PT Pertamina EP Pangkalansusu, Dirasani Thaib dalam sambutannya antara lain menyebutkan, Pertamina EP yang dipercaya oleh pemerintah untuk mengelola sumber daya alam berupa minyak dan gas bumi juga peduli terhadap lingkungan hidup dan lingkungan sosial kemasyarakatan yang tidak terpisah dari kegiatan operasional perusahaan.

Pada kesempatan itu, Dirasani mengharapkan dukungan melalui partisipasi menanam dan merawat tanaman itu sesuai teori yang sudah diajarkan oleh Kabid Agribisnis & Penyuluhan Dinas Pertanian Langkat, Nur Supandi, SP agar pohon tersebut dapat tumbuh sumbur dan membuahkan hasil seperti yang kita harapkan bersama.

“Melalui rangkaian program ini, Pertamina ingin menularkan semangat dan kepedulian di kalangan masyarakat yang berdomisili di sekitar wilayah operasional perusahaan untuk lebih mencintai lingkungan hidup,” ujar Dirasani Thaib.

FM Pertamina EP Pangkalansusu, Dirasani Thaib melakukan penanaman perdana pohon Jambu Madu.
Menurut Dirasani, pelaksanaan Program Satu Sumur Pemboran 1000 Pohon adalah merupakan wujud pembuktian PT Pertamina EP Pangkalansusu Field untuk memenuhi komitmen Deklarasi untuk Bumi yang disampaikan Presiden Direktur Salis S.Apriliian pada Januari 2012 yang sejalan dengan Program  1 Milyar Pohon yang dicanangkan pemerintah dalam upaya mengurangi emisi karbon di dunia khususnya Indonesia.

Sebagai perusahaan milik Negara, Pertamina EP Pangkalansusu Field dituntut untuk terus mengembangkan dan meningkatkan produksi migas, dan ini dapat berhasil bila ada dukungan dari pemerintah daerah setempat dan masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar daerah operasi perusahaan.

“Oleh sebab itu kami sangat mengharapkan dukungan, kerjasama dan doa dari seluruh elemen masyarakat agar kegiatan operasional Pertamina EP di daerah ini dapat berjalan sebagaimana mestinya,” imbu Dirasani.

Sementara itu, Camat Binjai Satiman, S.Sos MAP mengharapkan kalau bisa pohon ini menjadi 10.000 untuk wilayah Kecamatan Binjai. Artinya apa, tadi bapak-bapak dan ibu-ibu sudah dibekali bagaimana cara menanam, perwatan dan menggembangbiakan pohon Jambu Madu dan Pohon Mangga yang sebentar lagi akan diberikan oleh Pertamina EP Pangkalansusu.

“Ini pantas kita syukuri karena kata Allah, kalau kita bersyukur insya Allah akan ditambah, tapi kalau kita kufur. Ya sudah, besok pohon Jambu yang sudah ditanam mati, tidak ada hasilnya,” kata Satiman.

Dengan adanya bantuan ini, tambah Satiman, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup perekonomian warga masyarakat di Kecamatan Binjai.

No comments:

Post a Comment