Monday 16 April 2012

Pertamina EP Temukan Cadangan Migas di Struktur Piretrium Sumatera Selatan

Ilustrasi menara pemboran sumur migas. Foto TelukHaruNews.
JAKARTA - Pertamina EP kembali menemukan cadangan gas bumi di area PAFE Pagardewa, Sumatera Selatan. Penemuan tersebut dibuktikan melalui Uji Kandungan Lapisan (UKL) pada sumur eksplorasi Piretrium (PRT)-1 telah menghasilkan total gas dan kondensat sebesar 15,35 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD) dan 577 barel kondensat per hari yang berasal dari Formasi Lahat dan Formasi Air Benakat.

Presiden Direktur Pertamina EP Syamsu Alam menegaskan bahwa penemuan cadangan ini menambah keberhasilan penemuan cadangan di sejumlah struktur pada Proyek Area Fokus Eksplorasi (PAFE) Pagardewa. “Kami bersyukur atas penemuan cadangan yang dihasilkan dari struktur Piretrium. Seperti beberapa keberhasilan penemuan cadangan di wilayah PAFE Pagardewa sebelumnya, penemuan ini telah memberikan kontribusi terhadap penambahan cadangan migas di Indonesia,” ujarnya.

Struktur Piretrium terletak di Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, sekitar 2 km sebelah Barat Laut struktur Prabumenang atau 3 km sebelah Tenggara struktur Tasim.

Sampai pertengahan April 2012, kegiatan Eksplorasi di area PAFE Pagardewa telah melakukan pemboran 4 (empat) sumur wildcat dan delineasi. Selain target utama reservoir Formasi Baturaja, beberapa sumur diantaranya telah membuktikan penerapan konsep eksplorasi target dangkal pada reservoir batupasir Formasi Air Benakat (ABF) yang telah terbukti juga di sumur Piretrium-1, Lavatera-1 dan Kuang-E24.

Kegiatan Eksplorasi di area PAFE Pagardewa bertujuan untuk penambahan cadangan migas dan beberapa hasil pemboran segera ditindaklanjuti dengan kegiatan PoP (Put on Production). Kegiatan lainnya saat ini yaitu menyiapkan POD untuk struktur-struktur eksisting Pagardewa-Karangdewa dan Tasim-Prabumenang. Sumber : http://www.esdm.go.id/

No comments:

Post a Comment