Thursday 12 April 2012

Gempa 8,9 SR Goyang Tiga Provinsi Di Pulau Sumatera

Gempa berkekuatan 8,9 SR (scala richter) berlangsung selama 3 menit yang menggoyang Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Sumatera Barat telah membuat panik puluhan ribu warga di tiga provinsi tersebut, Rabu (11/4/2012).

Mereka berhamburan keluar dari dalam rumah dan gedung perkantoran untuk menyelamatkan diri karena khawatir rumah maupun bangunan tersebut ambruk akibat digoyang getaran gempa yang cukup keras.

Sedangkan masyarakat yang berdomisili dekat pantai lari tungganglanggang menuju daerah yang lebih tinggi untuk menyelamatkan diri sebelum tsunami menghantam mereka.

Pusat gempa yang terjadi pada pukul 15.38 WIB berada di 2˚31'10,19" Lintang Utara dan 92˚51' 47,31" Bujur Timur di kawasan perairan pulau Simeulue – Aceh dengan kedalaman gempa 10 kilometer.

Atas peristiwa tersebut BMKG sempat mengeluarkan peringatan tsunami yang diberlakukan di lima daerah, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Lampung.

Sementara Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memprediksi, jika terjadi tsunami, maka gelombang itu diperkirakan tiba pada pukul 16.21 di Simeulue, pukul 16.31 di Banda Aceh, pukul 17.17 di Padang, Sumatera Barat, dan pukul 17.38 di Bengkulu.

Namun sampai berita ini dibuat, tsunami yang diperkirakan akan muncul dan menerjang pesisir pantai pulau Simeulue, Banda Aceh, Padang dan Bengkulu tidak terjadi, maka pihak BMKG mencabut kembali peringatan tsunami tersebut.

Sejauh ini belum diperoleh informasi terjadinya korban harta dan nyawa yang disebabkan oleh gempa tersebut.

No comments:

Post a Comment